Syamsuar harap Duta GenRe edukasi remaja cegah LGBT

id BKKBN Riau,Gubernur Riau berharap Duta GenRe edukasi remaja,Duta GenRe edukasi remaja cegah LGBT,Duta GenRe cegah LGBT

Syamsuar harap Duta GenRe edukasi remaja cegah LGBT

Gubernur Riau Syamsuar meminta Duta Generasi Berencana (GenRe) menggencarkan edukasi, konseling dan mencegah perilaku menyimpang LGBT di Riau. Antara/Frislidia.

"LGBT berawal dari pergaulan bebas bisa terpengaruh pada penggunaan obat-obatan terlarang/narkoba, seks bebas hingga terjangkit HIV/AIDS".
Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar meminta Duta Generasi Berencana (GenRe) menjadi perpanjangan tangan pemerintah memberikan edukasi, konseling dan mencegah perilaku menyimpang lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) yang saat ini marak terjadi di kalangan generasi muda itu.

"Perilaku menyimpang LGBT dapat memberikan pengaruh buruk dalam kehidupan masyarakat dan generasi muda, sehingga agama menetapkan LGBT menyimpang dalam ketentuan adat dan resam Melayu," kata Gubernur Riau Syamsuar dalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat.

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan harapan tersebut kepada Duta GenRe Riau terkait sebanyak 57 pasangan diduga LGBT terjaring razia oleh Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Pekanbaru. Kejadian yang berlangsung di Kecamatan Sukajadi pada Ahad (28/5) berdasarkan dari laporan warga setempat.

Menurut Syamsuar, masalah LGBT adalah masalah penyimpangan kodrat manusia, sekaligus juga membuat Allah SWT murka sementara dari sisi psikologi kebiasaan jelek ini akan mempengaruhi kejiwaan dan memberi efek yang sangat kuat pada syaraf.

Efek yang kuat pada syaraf itu, katanya adalah pelaku merasa dirinya bukan lelaki atau perempuan sejati dan justru merasa khawatir terhadap identitas diri dan seksualitas serta banyak pemicu lain bisa mengakibatkan mereka makin terlibat kejahatan.

"LGBT berawal dari pergaulan bebas bisa terpengaruh pada penggunaan obat-obatan terlarang/narkoba, seks bebas hingga terjangkit HIV/AIDS," katanya.

Karena itu, Duta GenRe bisa menjadi 'Role Model' sebagai remaja yang memiliki rencana dalam hidup, membantu pemerintah mencegah permasalahan-permasalahan yang masih dihadapi remaja saat ini selain LGBT juga seks pra nikah, Napza dan pernikahan di usia anak atau dibawah umur, yang juga berdampak pada anak yang dilahirkan stunting.

Harapan kita, katanya, melalui Duta GenRe akan melahirkan remaja remaja berprestasi, menjadi duta stunting yang dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mencegah pernikahan dini serta menghindari narkoba, seks bebas dan perilaku menyimpang yang melanggaragama itu.

"Saya mengapresiasi Duta GenRe karena program ini sangat membantu kaum muda agar mereka memahami terhadap hal-hal yang menggangu mereka, kehidupan dan masa depan. Kita juga berharap perwakilan Duta GenRe Riau bersiap-siap mewakili provinsi Riau dalam pemilihan Duta GenRe tingkat nasional," katanya.

Ia mengatakan Provinsi Riau pada tahun 2022 meraih juara I Putri pada pemilihan Duta Genre tingkat nasional yakni Novera.

Kepala Perwakilan Kepala Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Riau Mardalena Wati Yulia mengatakan sesuai Undang-Undang nomor 52 Tahun 2009, tentang Perkembangan Kependudukan Dan Pembangunan Keluarga, maka kebijakan pembangunan keluarga dilakukan antara lain peningkatan kualitas remaja, melalui pembinaan pusat informasi dan konseling remaja (PIK R) dengan program GenRe.

Program Duta Genre merupakan salah satu program dari BKKBN dalam menghadapi berbagai permasalahan-permasalahan remaja, apalagi dengan proporsi jumlah remaja yang cukup besar saat ini, tentu sangat berpengaruh bagi kelompok remaja dan bagi seluruh kelompok masyarakat serta percepatan penurunan stunting dari hulu.

"Remaja berperan penting dan dalam mencari figure motivator yang terampil dan berkarakter dari anggota PIK Remaja tersebut, sesuai dengan prinsip dari, oleh dan untuk remaja, maka BKKBN Provinsi Riau telah menggelar kegiatan Genre Riau Award tahun 2023 dan pemilihan Duta GenRe 2023 itu," katanya.

GenRe berperan penting menjadi anak yang sehat dan berkualitas berintegritas dan membantu mensosialisasikan percepatan penurunan stunting di Riau dan pencegahan dari hulu yakni kepada remaja untuk tidak menikah dini dan lain-lain.

Haggilsyah Ifan dan Julia Tri Listia terpilih menjadi pasangan Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Riau tahun 2023 sekaligus berhak mewakili Riau pada lomba yang sama tingkat nasional. Haggilsyah Ifan dengan nomor lomba 21 merupakna Duta Genre putra adalah perwakilan dari Kota Dumai sementara Julia Tri Listia adalah perwakilan dari Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang menjadi Duta Genre Putri dengan nomor tampil 04.