Sekda Bengkalis lepas Kwracab ikuti Jambore Pramuka di Jakarta

id pemkab,Bengkalis,kabupaten,kwartir,paramuka,jambore

Sekda Bengkalis lepas Kwracab ikuti Jambore Pramuka di Jakarta

Sekda Bengkis Bustami HY melepas kontingen Kwarcab Pramuka Bengkalis dalam rangka mengikuti Jambore di perkemahan Cibubur Jakarta. (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis Bustami HY melepas sebanyak 20 orang Kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan pramuka, Kamis, untuk mengikuti Jambore Nasional XI di perkemahan Cibubur Jakarta yang berlangsung dari tanggal 14-21 Agustus 2022.

Pelepasan kontingen ditandai dengan pemasangan baju jaket kontingen oleh Sekda Bengkalis Bustami, didampingi Ketua Harian Kwartir cabang gerakan Pramuka Bengkalis Muhammad Fadhli, dan Wakil Ketua Bidang Sarana dan Prasarana Darmawi.

Pada kesempatan itu, Bustami yang juga Ketua Kwarcab Kabupaten Bengkalis menyampaikan, gerakan pramuka merupakan kelanjutan dan pembaharuan gerakan kepanduan nasionalyang dibentuk berdasarkan keputusan Presiden RI nomor 238 tahun 1961.

"Tujuannya adalah untuk melestarikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui pembinaan generasi bangsa yang ditopang dengan empat pilar, yakni Ideologi Pancasila, UUD 1945, Bhineka tunggal Ika dan NKRI," jelas Bustami.

Dari sejak bernama Pandu, sambung Bustami Pramuka Indonesia selalu mencetak generasi yang tangguh. Tangguh menghadapi setiap tantangan, disiplin dalam bertindak, tidak gentar untuk menghadapi setiap rintangan, selalu peduli, siap berkorban untuk sesama.

"Kita harus selalu peduli terhadap masyarakat sekitar, peduli terhadap kepentingan bersama. Kita harus saling membantu dan bergotong-royong, ajaknya menyelesaikan masalah bersama. Jika prinsip dasar dan metode kepramukaan ini diikuti dengan baik dan diterapkan dengan benar maka dapat mengantarkan anggota pramuka menjadi pelopor perubahan dan pemimpin di masa depan", pesan Bustami.

"Kepada para peserta untuk mengikuti jambore Pramuka Nasional di Jakarta ini dengan baik dan sungguh-sungguh semua kegiatan tersebut. Tunjukkan semua kemampuan yang dimiliki dan jangan lupa terus berdoa supaya kita bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan jambore ini dan sampai meraih prestasi terbaik, untuk membawa nama Kabupaten Bengkalis negeri junjungan yang kita cintai ini," pinta Bustami.