LSM Dan Ormas Diminta Dukung PON

id lsm, dan ormas, diminta dukung pon

Pekanbaru, (antarariau) - Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Provinsi Riau menghimbau, kepada seluruh organisasi masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarkat (LSM) untuk ikut mensukseskan penyelengaran Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XVIII di Riau.

"Kita dari Kesbangpolinmas mengimbau agar seluruh masyarakat di Provinsi Riau untuk ikut serta berperan aktif menyukseskan PON terutama para ormas dan LSM," kata Kepala Kesbangpolinmas Daswanto, di Pekanbaru, Jumat.

Menurutnya, masyarakat di "Tanah Melayu Bumi Lancang Kuning" julukan bagi Riau harus mampu menjaga amanah yang dipercayakan pemeritah pusat sebagai tuan rumah penyelenggara perhelatan olahraga terbesar di Tanah Air.

Karena itu, sudah sepantasnya Riau yang mayoritas berasal dari suku Melayu menunjukkan dan berprilaku sebagai tuan rumah yang baik dalam kegiatan nasional empat tahunan tersebut

"Pelaksanaan PON juga memiliki arti strategis dan eksistensi Riau ke depan di kancah nasional, oleh karena itu masyarakatnya harus menunjukkan kepada saudara-saudaranya se-Nusantara bahwa Riau mampu mengemban amanah sebagai penyelenggara PON," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, masyarakat Riau harus dapat dan mampu menunjukkan penampilannya sebagai mobilisator pergerakan perubahan dan pemersatu bangsa.

Terutama di tengah-tengah maraknya yang majemuk dan isu disintegrasi bangsa, isu radikalisme ke daerahan dan radikalisme agama yang akhi-akhir ini kembali mencuat ke permukaan.

Masyarakat Riau juga harus bersikap santun dan cinta damai, kemudian harus benar-benar mewajah dalam pelaksanaan PON kali ini, sehingga melalui semangat dan momentum segala potensi efektif bangsa dirakit untuk meningkatkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Karena itu semua ormas, LSM, paguyuban dan lembaga kemasyarakatan lainnya, dihimbau bahu-membahu untuk menyukseskan PON sebagai salah satu upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," katanya lagi.

Di Riau terdapat sekitar ratusan jumlah ormas dan LSM yang terdaftar di Kesbangpolinmas Provinsi Riau.