Dinyatakan sembuh dari COVID-19 Bapaslon Meranti ikuti tahapan lanjutan

id Bacalon,Pilkada meranti, pilkada kepulauan meranti, pilkada riau

Dinyatakan sembuh dari COVID-19 Bapaslon Meranti ikuti tahapan lanjutan

Proses pengambilan nomor urut Pilkada Kepulauan Meranti oleh KPU setempat, Kamis (24/9). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Pekanbaru (ANTARA) - Setelah dinyatakan sembuh dari COVID -19 dan hasil uji usap tenggorokan (swab) negatif, bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Meranti Said Hasyim - Abdul Rauf segera melanjutkan tahapan Pilkada 2020.

"Setelah Bacalon melaporkan hasil swabnya maka selanjutnya KPU Meranti akan menyusun jadwal tahapan Pilkada buat Bapaslon yang tertunda karena COVID-19," kata Komisioner KPU Riau Divisi Teknis Penyelenggaraan Joni Suhaidi di Pekanbaru, Jumat.

Kata dia, jadwal penundaan tahapan Pilkada disusun sesuai PKPU yang mengatakan apabila Bacalon yang positif COVID-19 sudah negatif maka tahapan yang bersangkutan disusun selama 20 hari.

"Karena KPU Kepulauan Meranti tadi siang sudah menerima suratnya dari bacalon maka mulai besok tanggal 26 jadwal tahapan sudah bisa di mulai hingga 20 hari mendatang," katanya.

BahkanBacalon mulai tanggal 26 akan diberi surat pengantar untuk RSUD Arifin Achmad guna pemeriksaan kesehatan.

"Setelah berkoordinasi dengan RSUD Arifin Achmad maka tanggal 26-30 September adalah jadwal pemeriksaan kesehatan bagi bacalon yang sembuh COVID-19," katanya.

Sebelumnya,Abdul Raufyang terlrkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19 baru sampai ke tahapan mendaftar di KPUKepulauan Meranti. Untuk tahapan lain, masih ditunda karena menunggu bacalon sembuh.

Sebelumnya, pada Kamis (24/9), tiga pasangan calon telah mendapatkan nomor urut. Pasangan Adil - Asmar dapat nomor urut 1, pasangan Hery Saputra - M Khozin nomor urut 2 dan pasangan Mahmuzin Taher - Nuriman Khair nomor urut 3.

Ssmentara, pasangan Said Hasyim - Abdul Rauf akan otomatis mendapatkan nomor urut 4 dalam Pilkada Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2020, jika pasangan ini ditetapkan sebagai peserta Pilkada.

Baca juga: Soal jurnalis tak diizinkan masuksaat pengundian nomor urut pilkada, begini kata KPU Meranti

Baca juga: Tiga paslon Pilkada Kepulauan Meranti sudah terima nomor urut, penundaan pasangan 'Bersabar' bakal dicabut