28 bacalon DPD Riau sudah daftar di KPU

id Bacalon, DPD, Riau, KPU

28 bacalon DPD Riau sudah daftar di KPU

Salah satu Bacalon DPD Riau, T. Rusli Ahmad melakukan pendaftaran ke Gedung KPU Riau pada hari kedua terakhir pendaftaran, Sabtu (13/5/2023). (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 28 dari 29 bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Provinsi Riau telah mendaftarkan diri ke KPU setempat dan dinyatakan diterima untuk kemudian diverifikasi administrasi.

"Untuk DPD sudah 28 yang mendaftar, tinggal satu lagi saja yang belum. Masih ada waktu satu hari lagi," kata Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir di Pekanbaru, Sabtu kemarin.

Pada pendaftaran hari kedua terakhir ini ada sebanyak dua bacalon DPD Riau yang mendaftar. Pertama atas nama Ikhwanul Ihsan pada pagi hari dan terakhir T. Rusli Ahmad yang mendaftar pada siang harinya.

Dalam keterangannya, Rusli Ahmad menyampaikan dirinya dulu pernah menjadi anggota DPRD Riau. Saat ini dia pun juga masih merupakan Ketua Umum Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Riau.

"Saya ke sini mendaftar membawa para pimpinan agama, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, datuk-datuk, asosiasi petani, butuh, nelayan untuk memperjuangkan harapan yang selama ini tersumbat," ungkapnya.

Dia mengatakan juga akan memperjuangkan aspirasi pemerintah maupun non pemerintah dari Provinsi Riau. Dalam hal ini akan memperjuangkan orang Riau untuk duduk di pemerintahan pusat, TNI dan Polri.

"Sekarang tak ada sumber daya manusia kita yang duduk di kementerian, TNI, Polri. Saya akan menjembatani dan menjaring seluruh komponen untuk itu. Koneksi dan jaringan adalah modal saya," sebutnya.

Sebelumnya KPU Riau telah menetapkan 29 bacalon DPD Daerah Pemilihan Riau yang memenuhi persyaratan dan verifikasi faktual. Berikut nama Bacalon DPD RI Dapil Riau yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS):

1. Abdul Hamid

2. Alpasirin

3. Arif Eka Saputra

4. Benson Sinaga

5. Biran Affandi Yusriono

6. Chaidir

7. Dr H M Rizal Akbar MPHIL

8. Eddy Budianto

9. Edwin Pratama Putra

10. Elfenni Erdianta Br Bangun

11. Herman Maskar

12. Hopea Ingvirnia Erwin

13. Ichwanul Ihsan

14. Juprizal

15. Kharisman Risanda

16. Lampita Pakpahan

17. Marjoni Hendri

18. Martius Busti

19. Mimi Lutmila

20. Misharti

21. Muhammad Mursyid

22. Patar Sitanggang

23. Pebrialin Razak

24. Rido Rikardo

25. Rizaldi Putra

26. Romwel Sitompul

27. Sewitri

28. T Rusli Ahmad

29. Yosrizal