Annas Masih Unggul Sementara Pilkada Rokan Hilir

id annas masih, unggul sementara, pilkada rokan hilir

Dumai, 7/4 (ANTARA) - Pasangan Annas Maamun-Suyatni masih unggul dari seribu tempat pemungutan suara yang telah mengirim data penghitungan akhir melalui pesan singkat (SMS) ke Komisi Pemiliham Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Berdasarkan "quick count" yang masuk pada Kamis, sekitar pukul 21.00 WIB, calon bupati dan wakil bupati "incumbent" nomor urut 2 yang diusung 15 partai berhasil meraup sekitar 45.154 suara atau 54 persen dari 82.443 total suara sementara yang masuk.

Pasangan Annas Maamun-Suyatni diusung 15 partai, termasuk partai besar seperti Golkar, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kemudian disusul dengan pasangan bernomor urut 3, Herman Sani-Wahyu, yang berhasil meraup suara sebanyak 18.933 atau sekitar 22,96 persen. Pasangan ini diusung oleh Partai Demokrat dan Gerindra.

Sementara urutan terakhir masih diduduki pasangan bernomor urut 1, Asri Auzar-Yatiman. Pasangan yang diusung 11 partai kecil termasuk PDS ini, hanya meraup suara sekitar 18,356 atau 22,27 persen dari total suara sementara yang masuk ke KPU.

Ketua KPU Rokan Hilir, Azhar Syahban, di Bagansiapi-api, mengatakan, sejak dimulainya penghitungan suara sementara pada pukul 13.00 WIB hingga memasuki pukul 21.00 WIB, tidak ada kenaikan atau penurunan suara yang signifikan.

"Masing-masing calon masih tetap berada pada persen suara yang sama. Dimana sejauh ini masih unggul pasangan Annas Maamun-Suyatno, kemudian disusul dengan Herman Sani-Wahyu dan Asri Auzar-Yatiman," terangnya.

Hingga berita ini diturunkan sekitar pukul 21.25 WIB, Pilkada Rokan Hilir masih menyisakan sekitar 995 TPS dari 1.995 TPS yang ditetapkan, dan penghitungan suara sementara masih terus dilakukan.