KPU Dumai perkenalkan logo dan maskot Pilkada 2020

id KPU Dumai,Pilkada Dumai,logo pilakda dumai

KPU Dumai perkenalkan logo dan maskot Pilkada 2020

Komisioner KPU Dumai saat pelaksanaan Rapat Pleno terbuka, Sabtu (10/9). (ANTARA/Abdul Razak/19)

Dumai (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumairesmi memperkenalkan desain logo dan maskot Pemilihan Kepala Daerah Dumai Tahun 2020 hasil karya pemenang sayembara terbuka diadakan belum lama ini.

Ketua KPU Dumai Darwis mengatakan, untuk logo merupakan karya dimenangkan warga Dumai Dwi Permata Bunda dengan berbentuk perahu, sedangkan maskot hasil karya Rizki Sevan Alba diberi nama “Si Tuah” atau dalam bahasa melayu berarti beruntung.

"Logo dan maskot yang akan kita pakai dalam helat Pilkada 2020 nanti ini akan disempurnakan lagi, dan bagi pemenang mendapat hadiah uang tunai," kata Darwis, Senin.

Dijelaskan, sayembara logo dan maskot ini dinilai oleh tim juri berasal dari unsur KPU, perguruan tinggi, lembaga adat melayu dan dinas pariwisata serta kerukunan keluarga masyarakat.

Sayembara desain logo dan maskot yang dilaksanakan KPU, lanjutnya diminati antusias masyarakat, tidak hanya warga Dumai namun juga ada peserta dari Pulau Jawa.

Karya kreatifitas peserta dinilai oleh lima orang juri sesuai kriteria keaslian atau original, unsur lokal kebudayaan, ciri khas daerah dan estetika serta kecocokan dengan pemilihan umum.

"Kita berharap dengan ditentukan maskot dan logo ini pelaksanaan Pilkada Dumai 2020 bisa berjalan sesuai tahapan yang telah ditetapkan," sebutnya.

Terkait tahapan Pilkada 2020, KPU Dumai segera membentuk petugas pemilihan kecamatan dan kelurahan, pemutakhiran dan penyusunan data pemilih, pencocokan dan penelitian, pencalonan pengumuman syarat dukungan perseorangan dan pencalonan melalui partai politik.

Untuk Pilkada Dumai 2020, KPU menargetkan partisipasi pemilih sama seperti pelaksanaan Pilkada 2015 lalu yaitu 77,5 persen, sedangkan pada Pemilu 2019 ini partisipasi pemilih Dumai tertinggi di Riau yaitu 88,4 persen.

Baca juga: Bawaslu Riau akan rekrut panwascam di 9 kabupaten/kota

Baca juga: Bawaslu Riau koordinasikan pengawalan Pilkada 2020 ke Polda