Bawaslu Rohil minta Parpol segera melaporkan nama saksi TPS

id Bawaslu Rohil,bawaslu 2019,pemilu 2019,pilpres 2019,berita riau terkini,berita riau antara,berita hari ini,berita riau terbaru,berita riau rohil

Bawaslu Rohil minta Parpol segera melaporkan nama saksi TPS

Bawaslu Rohil saat menggelar rapat koordinasi bersama partai politik dan tim pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, terkait Bimtek saksi TPS Pemilu 2019. (Antaranews/ Dedi Dahmudi)

Rokan Hilir, Riau (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau,meminta Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu menyampaikan dan melaporkan nama-nama saksi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019.

"Kami sangat berharap sekali kepada Parpol untuk segera menyampaikan nama-nama saksi kepada kami," kata Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Rohil, Fahrurrozi usai menggelar rapat koordinasi bersama Parpol dan tim pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, terkait Bimbingan Teknis (Bimtek) saksi TPS di Bagansiapiapi, Minggu (24/3) sore.

Rapat kala itu dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Rohil Syahyuri, dihadiri Pimpinan Bawaslu Fahrurrozi dan Zubaidah.

Baca juga: Bawaslu Dumai sudah temukan 14.742 surat suara Pemilu 2019 rusak

Rapat tersebut bertujuan dalam rangka persiapan menghadapi Bimtek saksi TPS oleh Bawaslu secara struktural, dan akan dilaksanakan secara teknis oleh Panitia Pengawas Pemilihan Umum(Panwaslu) di masing-masing kecamatan.

Fahrurrozi menyebutkan bahwa ada beberapa Parpol yang belum melaporkan nama-namasaksi, dan kemungkinan mereka ada sedikit kendala dilapangan.

Akan tetapi, kata dia, sebagian besar dari Parpol dalam rapat koordinasi sudah menyampaikan akan mempersiapkan secepat mungkin data-data saksi yang akan dilakukan Bimtek oleh Bawaslu nanti.

"Kita mengharapkan dalam proses pemungutan, rekapitulasi dan penetapan hasil ketika sudah kita berikan Bimtek mereka akan tampil menjadi saksi-saksi yang paham betul bagaimana mekanisme, prosedural yang harus ditempuhi sesuai dengan regulasi," ujarnya.

Bawaslu juga sudah mempersiapkan buku saku untuk setiap saksi di TPS. Buku tersebut saat ini sedang dalam proses pembuatan.

Baca juga: Bawaslu Kampar bantah oknum panwascam rusak baliho caleg

Baca juga: Kades Tegal Rejo Jaya masuk DPO usai terima Vonis Empat Bulan Penjara