Diskes Inhil Terima Bantuan Alat Kesehatan

id diskes inhil, terima bantuan, alat kesehatan

Diskes Inhil Terima Bantuan Alat Kesehatan

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, menerima bantuan berupa alat kesehatan dan sarana penunjang pelayanan kesehatan yang bersumber dari dana APBN untuk alokasi tahun anggaran 2014.

"Kita menerima bantuan berupa alat kedokteran umum, kebidanan, alat emergency set/ IGD, dan sarana penunjang pelayanan kesehatan yaitu Ambulance," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Alvi Purwanti Alwie, di Tembilahan, Kamis.

Dia mengungkapkan selain menerima bantuan alat kesehatan dan alat transportasi yaitu Ambulance, dinasnya juga mendapat bantuan dana APBN berupa pembangunan puskesmas non perawatan yaitu puskesmas tanah merah, lalu peningkatan puskesmas menjadi puskesmas perawatan di Kempas Jaya, kemudian peningkatan puskesmas menjadi puskesmas mampu Poned yaitu di puskesmas Sungai Piring dan Enok.

"Di samping itu kita juga mendapat bantuan untuk rehabilitasi tiga puskesmas, dan pembangunan IPAL," jelasnya.

Dia mengatakan, alat kesehatan dan sarana penunjang tersebut nantinya akan menjadi aset Puskesmas dan pihak terkait akan menggunakannya dengan penuh tanggung jawab.

"Kesehatan adalah salah satu program yang harus di tingkatkan, terutama dalam pelayanan kepada masyarakat, dan semoga dengan bantuan alat-alat kesehatan ini, pelayanan Puskesmas, khususnya di wilayah Kabupaten Inhil, dapat Optimal," ucapnya.

Menurut dia, ini merupakan spirit baru bagi pemerintah Inhil terhadap program kesehatan dan dia menilai hal ini merupakan bentuk inovasi pelayanan kesehatan yang nantinya akan lebih berkualitas, mudah diakses dan terjangkau oleh masyarakat.

Wilayah Kabupaten Inhil yang terdiri dari 20 kecamatan, memiliki jumlah Puskesmas sebanyak 27 unit dan Puskesmas pembantu terdata sebanyak 154 unit yang terletak di daratan dan lautan. (Adv)