Diskes Inhil Ajak masyarakat Perangi Penular DBD

id diskes inhil, ajak masyarakat, perangi penular dbd

Diskes Inhil Ajak masyarakat Perangi Penular DBD



Tembilahan, (Antarariau.com) – Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau mengajak seluruh masyarakat kabupaten setempat untuk memerangi nyamuk Aedes aegepty yang menularkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan melakukan berbagai langkah antisipasi seperti 3 M Plus.

Ajakan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Alvi Furwanti Alwi terkait dengan ditemukannya dua kasus dan penderita DBD di Negeri Seribu Parit pada Januari ini.

"Dengan perubahan cuaca seperti saat ini, yaitu dari musim panas ke musim penghujan maupun sebaliknya, masyarakat harus mewaspadai terjangkitnya penyakit DBD, khususnya di daerah yang selama ini rawan DBD," katanya.

Dia menyampaikan pencegahan penularan DBD ini dapat dilakukan dengan berbagai langkah diantaranya melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Lakukanlah PSN dengan 3 M Plus," ujarnya.

Dia menjelaskan 3 M Plus adalah mendaur ulang tempat-tempat yang dapat menampung air hujan, seperti kaleng dan ban bekas, botol dan gelas plastik air mineral dan lain-lain.

Kemudian menutup rapat tempat-tempat penampungan air, menguras tempat penampungan air, bak mandi dan tempat sisa air, serta menaburkan bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air.

"Yang tak kalah penting dilakukan oleh masyarakat adalah tidur menggunakan kelambu atau obat anti nyamuk," ucapnya. (Adv)