Peringatan HBA ke-63, Kejari Dumai ikuti upacara virtual dipimpin Jokowi

id HBA Dumai, Kejari Dumai

Peringatan HBA ke-63, Kejari Dumai ikuti upacara virtual dipimpin Jokowi

Kajari Dumai Agustinus HM memimpin Apel Peringatan HBA secara virtual dengan Kejaksaan Agung sekaligus penyematan Satya Lencana kepada 4 pegawai kejaksaan. (ANTARA/

Dumai (ANTARA) - Insan Kejaksaan Negeri Tipe A Dumai peringati Hari Bakti Adhyaksa ke-63 Tahun 2023 dengan menggelar sejumlah kegiatan dan acara puncak mengikuti Apel Peringatan HAB secara virtual di Kejaksaan Agung dipimpin Presiden RI Joko Widodo, Sabtu.

Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan, mulai sejak 4 Juli lalu Pekan Olahraga, Donor Darah pada 12 Juli, Anjangsana ke beberapa panti asuhan pada 17 Juli dan bakti sosial pada 18 Juli, selanjutnya Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Damai Sentosa pada 21 Juli 2023 kemarin.

Mengikuti Upacara Virtual Kejari Dumai dipimpin langsung Kajari Agustinus Herimulyanto diikuti seluruh pejabat utama, yaitu Kasubagbin Dasril, Kasi Intel Abu Nawas, Kasi Pidum Iwan Roy Charles, Kasi Pidsus Herlina Samosir, Kasi Datun Novriadi Andra dan Kasi Barang Bukti Antonius Tua Haro dan para pegawai serta staf.

Membacakan amanat Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kajari Dumai Agustinus HM mengatakan bahwa peringatan HBA sebagai momentum motivasi bagi insan Adhyaksa dalam menjunjung tinggi nilai penegakan hukum yang berkeadilan.

"Penegakan hukum dilakukan secara humanis dengan perasaan namun tetap tegas serta proporsional. Kami apresiasi segala kinerja insan Adhyaksa sehingga masyarakat merasakan hadirnya penegakan hukum yang berkeadilan dan pemberantasan korupsi," kata Kajari Dumai.

Ditambahkan, agar seluruh insan Adhyaksa tetap menjaga kepercayaan masyarakat serta menjaga wibawa institusi sebagai tanggungjawab bersama dan jangan karena nila setitik merusak susu sebelanga.

"Kepercayaan publik yang telah dicapai harus dijaga secara baik, dalam penegakan hukum dan pelayanan diberikan harus didasari hati nurani serta proporsional. Jangan pernah melakukan pekerjaan berdasarkan kepentingan dan azas manfaat," sebut Kajari Agustinus lagi.

Presiden RI Joko Widodo dalam amanatnya mengharapkan insan Adhyaksa dapat bekerja secara profesional dan humanis serta mampu melayani masyarakat dengan baik.

"Saya harap tidak ada yang bermain-main dengan penegakan hukum. Meski saya masih mendapatkan informasi dan ini hanya oknum, namun saya harap hal ini dapat menjadi perhatian bersama," kata Presiden Jokowi.

Presiden mengapresiasi capaian kepercayaan publik atas lembaga Kejaksaan yang mencapai 81 persen. Hal ini tertinggi dalam kurun waktu 9 tahun terakhir. Namun mempertahankan kepercayaan bukan hal mudah, karena itu harus terus dijaga dan ditingkatkan.

Usai Apel Peringatan HBA, Kajari Agustinus menyematkan penghargaan Satya Lencana kepada empat pegawai atas dedikasi pengabdian 20 hingga 30 tahun sebagai insan Adhyaksa.

Empat pegawai penerima Satya Lencana diantaranya, Mardiana Dumayanti Pangkat Penata Muda TK I dengan pengabdian 30 Tahun, Benet Setiawan pangkat Penata Muda TK I dengan pengabdian 26 Tahun, Kasi Intel Abu Nawas Pangkat Penata TK I atas pengabdian 21 Tahun dan Gemuruh Pandapotan pangkat Penata Muda mengabdi 20 Tahun.