Idul Adha 1444 H, IKMR Bukit Batu sembelih delapan sapi

id ikmr bukit batu,kecamatan bukit batu,kabupaten Bengkalis,idul adha

Idul Adha 1444 H, IKMR Bukit Batu sembelih delapan sapi

Sejumlah pemuda dari Ikatan Pemuda Minang Riau (IPMR) Kecamatan Bukit Batu melakukan penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha 14444 H ya g dilaksanakan di Sekretariat IKMR Desa Sungai Selari, Kamis (28/6). (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak delapan ekor sapi dan dua kambing di Sekretariat IKMR Desa Sungai Selari pada Idul Adha 1444 Hijriah, Kamis (29/6).

"Alhamdulillah, tahun ini IKMR Bukit Batu dapat kembali melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak delapan ekor sapi dan dua ekor kambing," ujar Ketua IKMR Kecamatan Bukit Batu H. Ardasir.

Dikatakan Ardasir, sebelum dilakukan pemotongan hewan kurban dilakukan pengecekan kesehatan terhadap sapi yang akan disembelih oleh petugas dari Dinas Peternakan Kabuoaten Bengkalis agar terbebas dari penyakit dan aman untuk dikonsumsi.

"Hewan kurban ini setelah dicek bebas dari penyakit mulut dan kuku dan aman untuk dikonsumsi," ungkapnya.

Dikatakannya, untuk peserta kurban berasal dari keluarga besar IKMR yang ada di Kecamatan Bukit Batu dan Bandar Laksamana.

"Untuk pelaksanaan kita sudah membentuk panitia yang terdiri dari IPMR yang nanti bertugas sebagai pemotong hewan kurban hingga penimbangan, dan IWMR menyiapkan konsumsi makanan," ungkapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kesadaran warga IKMR yang ada di Kecamatan Bukit Batu untuk saling bahu-membahu dalam melaksanakan pemotongan hewan kurban, dan bagi setiap warga IKMR yang ingin mendaftar sebagai peserta pada tahun berikutnya akan didata kembali oleh petugas yang telah ditunjuk.

"Sistem yang kita buat ada terbagi dua yakni dengan pembayaran sekaligus maupun dengan dicicil setiap bulannya," kata Ardasir.

Ditambahkannya juga bahwa keberadaan IKMR saat ini dengan masyarakat tempatan sudah saling membaur dan tidak ada perbedaan yang timbul.

"Pembagian daging hewan qurban ini juga kita berikan kepada warga IKMR dan masyarakat sekitar untuk dapat saling berbagi," ujarnya.