IKMR Bukit Batu potong sembilan sapi

id ikmr,kecamatan,bukit batu,kabupaten,bengkalis, kurban,idul adha

IKMR Bukit Batu potong sembilan sapi

Pada Idul Adha 1443 H IKMR Kecamatan Bukit Batu memotong sebanyak sembilan ekor sapi dan satu ekor kambing dan kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahunnya. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 12 sapi dan seekor kambing pada Idul Adha 1443 H, Ahad.

"Setiap tahunnyya, pada Idul Adha 1443 H IKMR Bukit Batu bisa melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 9 ekor sapi dan 1 ekor kambing, ujar Ketua IKMR Kecamatan Bukit Batu Ardasir.

Dikatakan Ardasir, sebelum dilakukan pemotongan hewan kurban ini dicek kesehatannya oleh petugas dari Dinas Peternakan agar terbebas dari penyakit dan aman untuk dikonsumsi.

"Alhamdulillah hewan kurban setelah dicek bebas dari penyakit mulut dan kuku yang saat ini merebak dan aman untuk dikonsumsi," ungkapnya.

Dikatakannya, untuk peserta kurban berasal dari keluarga besar IKMR yang ada di Kecamatan Bukit Batu dan Bandar Laksamana.

"Untuk pelaksanaan kita sudah membentuk panitia dari pemuda IKMR yang nanti bertugas sebagai pemotong hewan kurban hingga penimbangan," ungkapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kesadaran warga IKMR yang ada di Kecamatan Bukit Batu untuk saling bahu-membahu dalam melaksanakan pemotongan hewan kurban, dan bagi setiap warga IKMR yang ingin mendaftar sebagai peserta pada tahun berikutnya akan didata kembali oleh petugas yang telah ditunjuk.

"Sistem yang kita buat ada terbagi dua yakni dengan pembayaran sekaligus maupun dengan dicicil setiap bulannya," kata Ardasir.

Ditambahkannya juga bahwa keberadaan IKMR saat ini dengan masyarakat tempatan sudah saling membaur dan tidak ada perbedaan yang timbul.

"Pembagian daging hewan qurban ini juga kita berikan kepada masyarakat sekitar dan alhamdulillah semua bisa terbagi dengan baik, dan ada juga daging ini kita bagikan ke panti asuhan yang ada," ujarnya.