KPU Kampar tuntaskan coklit 100 persen

id Coklit,KPU Kampar

KPU Kampar tuntaskan coklit 100 persen

Komisioner KPU Kabupaten Kampar. (ANTARA/Netty M)

Kampar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar telah selesai melakukan Pencocokan dan Penelitian (coklit) 100 persen atau sebanyak 590.283 pemilih di daerah itu.

"Alhamdulillah, kita ucapkan terima kasih kepada 2,452 Pantarlih di Kabupaten Kampar yang sudah menuntaskan pekerjaannya tepat waktu sesuai dengan petunjuk teknis yang berlaku dan kami juga ucapkan terima kasih kepada Bawaslu Kampar dan jajaran yang sudah mengawasi serta stake holder yang sudah membantu kelancaran coklit di 21 kecamatan dan 250 desa/kelurahan dengan berbagai kondisi geografis dan tantangan. Semoga menjadi amal ibadah," ujar Ketua KPU Kampar Maria Aribeni, Jumat.

Pantarlih melakukan coklit selama sebulan sejak 12 Februari hingga 14 Maret.

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Andi Putra mengatakan bahwa setelah coklit selesai, tahapan selanjutnya Penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) oleh panitia pemungutan suara hingga tanggal 29 Maret secara berjenjang.

Ia berharap, KPU bisa menyajikan daftar pemilih yang akurat dan berkualitas pada Pemilu 2024 dengan berpedoman kepada prinsip-prinsip penyusunan daftar pemilih sebagaimana aturan berlaku serta menjamin setiap warga negara yang memiliki hak terdaftar dalam daftar pemilih.

Peran aktif masyarakat untuk memastikan apakah sudah terdaftar atau belum melalui cek DPTonline melalui link https://cekdptonline.kpu.go.id.

"Kami juga mengharapkan masyarakat bisa memberikan informasi dan tanggapan sebelum penetapan DPT(Daftar Pemilih Tetap) nantinya," kata dia.