Cegah penularan PMK, vaksin ternak terus dilaksanakan di Inhu

id Rengat,Indragiri Hulu

Cegah penularan PMK, vaksin ternak terus dilaksanakan di Inhu

Pemkab Inhu Gelar Sosialiasi Cegah PMK (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Pemerintah Indragiri Hulu memberikan apresiasi atas peran semua pihak dalam mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kutu (PMK) di wilayah setempat.

"Pencegahan melalui pemberian vaksin pada ternak secara berkelanjutan di Inhu," kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Indragiri Hulu Paino di Rengat, Senin.

Program vaksin kepada ternak diharapkan sukses sehingga berdampak baik pada kesehatan dan keamanan ternak dan perekonomian peternak di Inhu.

Jika PMK penangan kurang optimal akan berdampak pada usaha ternak dan perdagangan ternak, daging untuk masyarakat lokal.

Antisipasi dini, salah satu upaya adalah dengan memberikan vaksin kepada ternak baik milik pribadi maupun peternak maupun kelompok.

"Tujuannya, agar ternak aman, tidak mengganggu perekonomian masyarakat khususnya peternak seluruh kecamatan," ujarnya.

Paino saat menyampaikan amanah mewakili Bupati Rezita Meylani Yopi menyebutkan, saat ini sudah hampir puluhan ribu ternak sudah divaksin.

Untuk di Inhu, penyakit ini sudah ditangani dengan baik dan bahkan memasuki vaksin tahap 3 dalam upaya pencegahan penularan penyakit PMK.

Berhasilnya program penanganan PMK adalah atas peran semua instansi terkait dan kemauan peternak.

Jadi, kata Paino, Tim Satuan Tugas (Satgas) penanganan Penyakit Mulut dan Kutu (PMK) Riau mensosialisasi kegiatan di Indragiri Hulu kepada semua pihak sebagai salah satu solusi.