Tim Asesor KAN turun ke UPT Laboratorium Lingkungan DLH

id dlh,bengkalis,kabupaten,pemkab,asesor

Tim Asesor KAN turun ke UPT Laboratorium Lingkungan DLH

Tim Asesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan assesmen laboratorium Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bengkalis, Kamis (18/8). (ANTARA/HO-Diskominfotik)

Bengkalis (ANTARA) - Tim Asesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan asesmen laboratorium Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bengkalis, Kamis.

Sekretaris DLH Bengkalis Ed Effendi mengatakan kehadiran Tim Assesor dari Komite Akreditasi Nasional ini dalam rangka survailens pertama UPT Laboratorium DLH Bengkalis.

Kehadiran tim asesor dari KAN ini bagian dari pengawasan terhadap Laboratorium Lingkungan milik DLH, merupakan bagian dari pembinaan. Karena sebelum pada tahun 2021 lalu, UPT Laboratorium Lingkungan DLH Bengkalis telah terakreditasi. Ini sebagai langkah penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan sebagai wujud peningkatan standar pelayanan kepada pengguna jasa.

Lebih lanjut Ed Effendi berharap kehadiran tim asesor dalam melakukan asesmen memberikan dampak positif bagi pelayanan UPT Laboratorium Lingkungan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Tak kalah penting, setelah asesmen ini, UPT Laboratorium Lingkungan DLH Bengkalis dapat menerima sampel pengujian dari luar, sehingga berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Berdasarkan akreditasi LP-1493 DN dengan air limbah, air sungai, air tanah sumur pantau TPA dan air limbah lindi. Sedangkan parameter yang terakreditasi untuk diuji di UPT Laboratorium Lingkungan meliputi 8 unsur, yakni pH, suhu, DHL, Do, TSS, TDS, COD, minyak lemak.

Tim asesor KAN terdiri dari Toto Wiradisastra dan Afifullah, selama di UPT Laboratorium Lingkungan, akan mengecek seluruh dokumen UPT Laboratorium Lingkungan DLH.

“Kami akan mengakses seluruh dokumen yang ada. Kehadiran kami sifatnya untuk pembinaan,” ujar Toto