BBPOM Pekanbaru awasi jajanan Pasar Ramadhan di Kuansing

id Bbpom, bbpom pekanbaru, pasar ramadhan

BBPOM Pekanbaru awasi jajanan Pasar Ramadhan di Kuansing

Petugas BBPOM sedang melakukan pengawasan terhadap pangan di Pasar Ramadhan di Kuansing. (ANTARA/HO-BBPOM)

Pekanbaru (ANTARA) - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan ( BBPOM ) Pekanbaru bersama Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi melakukan pengawasan pangan Ramadhan di Pasar Taman Pacu Jalur Ramadhan, Kuantan Singingi, Rabu (20/4).

Surveilans ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi dan edukasi keamanan pangan dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang bahaya dan risiko pangan yang tidak memenuhi standar.

Kegiatan yang dilakukan tim BBPOM di Pekanbaru diawali dengan koordinasi dengan petugas dari Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian serta Dinas Kesehatan.

Pengawasan dilakukan dalam bentuk pengambilan sampel makanan yang diduga mengandung bahan berbahaya. Kemudian sampel diuji untuk mengetahui kandungan zat berbahaya yaitu formalin , boraks, rhodamin B dan methanyl yellow .

Tim BBPOM juga memasang spanduk dan membagikan selebaran kepada pedagang dan pengunjung.

Dari 12 sampel makanan yang diuji, BBPOM Pekanbaru tidak menemukan sampel yang terdeteksi mengandung zat berbahaya formalin , boraks, dan methanyl yellow .

Di hari yang sama, BBPOM Pekanbaru bersamaDisperindag Kuantan Singingi juga mensupervisi makanan Ramadhan di pasar tradisional berbasis modern Kabupaten Kuantan Singingi.

Dari 13 sampel makanan yang diuji di pasaran, tidak ditemukan sampel yang mengandung zat berbahaya formalin , boraks, dan methanyl yellow.