Peparnas: Jateng Panen Emas Atletik

id peparnas jateng, panen emas atletik

Peparnas: Jateng Panen Emas Atletik

Pekanbaru, (antarariau) - Paralimpian Jawa Tengah (Jateng) menunjukkan dominasinya pada hari terakhir pertandingan cabang atletik Peparnas XIV/2012 di Pekanbaru, Jumat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA, Jateng mengumpulkan 11 medali emas dari nomor lari, kursi roda, dan lompat tinggi.

Perolehan emas yang nyaris selusin itu makin cemerlang karena sejumlah rekor berhasil ditorehkan oleh paralimpian Jateng.

Pundi-pundi emas Jateng diawali oleh paralimpian Handoyo lewat nomor 400 meter klasifikasi T46 tuna daksa putra yang finish pertama dengan catatan waktu 53,23 detik.

Selain menyabet emas, Handoyo juga mencetak rekor baru Peparnas yang sebelumnya dipegang oleh Martin Losu dari Riau.

Selain itu, pelari putri Ririn Dwi Asih meraih emas nomor lari 400 meter klasifikasi T46 putri tuna daksa. Total ia telah mengoleksi tiga emas Peparnas XIV.

Penyumbang emas lainnya dari Jateng antara lain Deni Yulianto di nomor lari 400 meter T54 putra, Tini Ismayawati di nomor lari 400 meter T53 putri, dan Agus Suprayitno di nomor 400 meter T53 putra.

"Ini bukan pertandingan yang mudah, butuh perjuangan dan kerja keras untuk bisa memenangi pertandingan tadi karena lawan yang dihadapi merata dan sama berat," ujar Agus Suprayitno.

Setyo Budi Hartanto berhasil meraih emas nomor lompat tinggi klasifikasi F46 tuna daksa putra. Setyo melakukan lompatan terbaik setinggi 1,75 meter.

Jateng makin merajai cabang atletik dari nomor kursi roda. Doni Yulianto mengawali perolehan emas pada balap kursi roda 100 meter klasifikasi T54 tuna daksa putra, dan nomor 400 meter.

Selain meraih emas, Doni juga sukses memecahkan rekor Peparnas yang sebelumnya dipegang oleh rekannya sendiri, Eko Jarot.

"Selain untuk Jateng, saya persembahkan medali emas ini untuk kedua orang tua saya," ujar mahasiswa semester lima Akademi Seni Desain Solo itu.

Agus Suprayitno menambah perolehan emas Jateng lewat nomor balap kursi roda 400 meter klasifikasi T53 putra.

Di nomor 100 meter balap kursi roda putri, Tini Ismayawati juga berhasil menambah perolehan emas Jateng. Selain itu, ia juga menang di nomor 400 meter klasifikasi T53.