Cegah COVID-19, Dishub Bengkalis tutup penyeberangan Roro pada 1 Syawal

id pemkab bengkalis,Pelabuhan. Pelabuhan bengkalis, bengkalis

Cegah COVID-19, Dishub Bengkalis tutup penyeberangan Roro pada 1 Syawal

Aktivitas penyeberangan pada Roro Bengkalis dan Bukit batu akan ditutup pada ! syawal nanti dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19.(Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis akan menutup aktivitas penyeberangan Roll On – Roll Off (Roro) Air Putih, Kecamatan Bengkalis, dan Sungai Selari, Kecamatan Bukit Batu pada 1 Syawal 1442 H guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Atas pertimbangan agar tidak terjadi kerumunan massa dalam jumlah besar yang dapat memicu penyeberangan COVID-19, maka pada Hari Raya pertama atau 1 Syawal 1442 H, kita memutuskan untuk menutuppelabuhan Ro-Ro Air Putih dan Sungai Selari,” ungkap Kepala Dishub Bengkalis Djoko Edy Imhar, Rabu (5/5)

Diungkapkan Djoko, alasan penutupan pelabuhan Ro-Ro, merujuk pada pengalaman tahun sebelumnya yang terjadi penumpukan atau kepadatan penumpang setelah salat Id sampai malam hari. Untuk mengurai dan menghindari penumpukan tersebut, maka Dishub Bengkalis menghentikan seluruh aktivitas di pelabuhan.

“Intinya pada hari raya pertama, selanjutnya pada hari raya kedua pelabuhan Ro Ro kembali beroperasi sebagaimana biasanya,” ungkap Djoko.

Disinggung langkah-langkah antisipasi pada hari raya kedua dan seterusnya, diungkapkan mantan Camat Mandau ini, sebagai langkah antisipasi kerumunan penumpang, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, seperti memakai masker, mengatur jumlah penumpang agar tidak terjadi penumpukan dan mengatur jarak.

Untuk memaksimalkan pelayanan penyeberangan Ro-Ro Air Putih – Sungai Selari, mulai 6 hingga 17 Mei 2021 akan diberlakukan pelayanan 24 jam. Langkah ini, bentuk komitmen pasangan Bupati Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya pengguna jasa penyeberangan.

“Dengan penerapan pelayanan 24 jam Ro-Ro Air Putih dan Sungai Selari, masyarakat yang ingin menyeberang bisa dimanfaatkan waktu-waktu senggang, gunakan menghindari kerumunan,” ungkapnya.

Terkait rencana penutupan ini, Dishub Bengkalis telah membuat surat nomor 550/DIHUB/V/2021/215, tanggal 5 Mei 2021 yang ditandatangan Kepala Dinas Perhubungan Djoko Edy Imhar.

Baca juga: Pekanbaru tutup operasional Pelabuhan Sungai Duku jelang Idul Fitri 1442 H

Baca juga: Bupati Bengkalis minta pelayanan transportasi laut ditingkatkan


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar