Bermodal Kartu Indonesia Pintar, Mahasiswi Unilak Ucapkan Terimakasih Ke Menteri Nadiem

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Kartu Indonesia Pintar, Unilak

Bermodal Kartu Indonesia Pintar, Mahasiswi Unilak Ucapkan Terimakasih Ke Menteri Nadiem

Bermodal Kartu Indonesia Pintar, Anak Buruh Batu Bata Ini Ucapkan Terimakasih Ke Menteri Nadiem (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Kartu Indonesia Pintar menjadi harapan bagi setiap anak yang ingin melanjutkan kuliah setelah menyelesaikan pendidikan di SMA. Seperti yang dirasakan oleh Fuji Sri Rahayu Mahasiswi fakultas Hukum Universitas lancang Kuning, Pekanbaru yang dapat melanjutkan kuliah di fakultas hukum berakreditasi A.

Sebagai pemegang KIP harapannya untuk dapat kuliah akhirnya terwujud, di tahun 2020 bermodal KIP mendaftar di Fakultas Hukum Unilak dan akhirnya diterima dan bisa kuliah gratis.

Baca juga: Calon mahasiswa penghafal Al Qur'an ada Golden Ticket masuk Unilak.

Dihubungi lewat telepon Fuji menceritakan proses mendapatkan KIP, disebutkannya saat masih SMP orang tua pernah cerita tentang KIP, setelah itu petugas datang untuk mengsurvei dan wawancara, sebulan kemudian pak RT mengantarkan KIP ke rumah.

" Jika tidak ada kartu KIP mungkin tidak bisa kuliah. Maklum penghasilan orang tua yang berkerja sebagai buruh batu bata di Tenayan Raya tidak mencukupi untuk biaya kuliah," ujarnya Selasa 30/03/2021.

" Saya mengucapkan terimakasih kepada orang tua karena sudah memperbolehkan saya untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Lancang Kuning Fakultas hukum, terimakasih juga kepada Pak Menteri Nadiem, pak Presiden, sehingga ada ribuan anak Indonesia yang bisa melanjutkan kuliah., ujar Fuji yang meraih IPK 3,79.

Disebutkannya selain biaya kuliah yang di tanggung, penerima KIP juga dapat uang saku. " Allhamdulilah saya bisa fokus belajar. IPK saya 3,79. Uang saku digunakan untuk kebutuhan kuliah seperti ngeprint, beli buka dan uang jajan.

Sementara itu Rektor Unilak yang dihubungi Selasa (30,03/2021)mengatakan, di tahun 2020 sebanyak 109 mahasiswa masuk Unilak dengan menggunakan KIP Kuliah. Ke 109 mahasiswa itu tersebar di 9 fakultas.

" Mahasiswa pemegang KIP mendapatkan bantuan uang kuliah 2,4 juta dan uang saku sebanyak 4,2 juta/semester atau 700ribu setiap bulanya" Ujar Dr. Junaidi.

Disebutkan Dr. Junaidi bahwa KIP kuliah ini betul betul sangat bermanfaat, dan manfaatnya sangat dirasakan bagi penerima terlebih di saat Pandemi corona. Bagi anak anak di Riau pemegang KIP kami menghimbau untuk dapat melanjutkan kuliah di Unilak, dan mahasis penerima KIP untuk dapat fokus belajar dan mempertahankan nilai bagus. " Kami mengucapkan terimakasih kepada Presiden, dan Menteri Pendidikan, dan di tahun ini kami mendapatkan informasi bahwa anggaran KIP meningkat.

Baca juga: Program Kemitraan, PT CPI fasilitasi riset Unilak dan Perguruan Tinggi Malaysia

Baca juga: Rektor Unilak lantik jajarannya secara Virtual, begini penjelasannya