ACT Riau ajak warga bantu korban bencana di Sulbar dan Kalsel

id Act, act riau, gempa sulbar, gempa majene, banjir kalsel

ACT Riau ajak warga bantu korban bencana di Sulbar dan Kalsel

Suasana jumpa pers. (ANTARA/HO-dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Lembaga sosial Aksi Cepat Tanggap (ACT) wilayah provinsi Riau mengajak warga setempat untuk turut membantu korban bencana gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan.

"Mari donasikan bantuan terbaik untuk saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana," kata pimpinan ACT Riau Hendi Gunawan di Pekanbaru, Rabu (27/1).

ACT Riau menerima donasi dalam bentuk apapun untuk diberikan kepada para korban bencana yang membutuhkan agar meringankan beban mereka.

Bantuan dapat dikirimkan ke Kantor ACT Riau di jalan HR Soebrantas Pekanbaru atau dikirim melalui rekening bank.

"Meskipun cuma gula satu kilogram, kita tetap terima," kata Hendi.

Meski demikian, dia mengimbau kepada masyarakat untuk memberikan bantuan terbaik yang akan dikirimkan untuk para korban bencana, seperti pakaian bekas yang kondisinya yang sangat layak untuk dipakai.

Dia mengatakan bantuan pakaian bekas yang diberikan masyarakat pada umumnya akan diseleksi lagi untuk diberikan kepada para korban bencana.

"Tapi ada juga bantuan pakaian bekas yang sudah dilaundry dan dibungkus. Itu tidak lagi kita sortir, dan langsung dikirim," katanya.

Saat ini sejumlah daerah di Riau seperti di Kampar dan Pelalawan juga turut menggalang bantuan untuk korban bencana di Sulbar dan Kalsel.

Bantuan yang akan terkumpul itu nantinya akan digabung ke ACT Sumatera Barat yang akan dikirim menggunakan kapal laut pada 10 Februari 2021.

"Jadi, sekitar H-5 sebelum dikirim ke Sumbar, bantuan dari Riau sudah terkumpul semuanya," kata Hendi.