RoRo Sungai Selari buka jalur penyeberangan ke Batam

id Pemkab Bengkalis,Roro bengkalis, bengkalis

RoRo Sungai Selari buka jalur penyeberangan ke Batam

Sekretaris Dinas Perhubungan Bengkalis Zul Asri.

Bengkalis (ANTARA) - Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis Zul Asri mengungkapkan bahwa penyeberangan kapal Roro Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu akan membuka jalur penyeberangan ke Batam.

"Dijadwalkan beroperasi pada Juli 2020, Kapal RoRo yang dahulunya beroperasi melayani penyeberangan Tanjung Buton menuju Telaga Punggur akan dialihkan ke Pelabuhan Sungai Selari," ujar Zul Asri di Bengkalis, Sabtu (20/6).

Menurut Zul Asri, rencana penyeberangan antar provinsi ini akan dikelola oleh dua perusahaan penyeberangan.

"Ada dua perusahaan nanti yang akan melayani penyeberangan antar provinsi Riau dengan Batam ini. Saat ini kita masih menunggu kepastian tanggal mulai operasinya saja, kemungkinan bulan depan kalau tidak awal bulan mungkin pertengahan bulan," ungkap Zul Asri.

Menurut dia, saat ini DishubKabupaten Bengkalis masih melakukan persiapan persiapan rencana operasi penyeberangan antar provinsi ini. Diantaranya mempersiapkan terkait tiketing, fasilitas antrean dan check point sebelum masuk kapal.

"Apalagi saat ini untuk pelayanan penyeberangan harus melakukan prosedur penanganan Covid. Kita tengah siapkan cek poin untuk prosedur COVID-19 mudah-mudahan bulan depan semuanya siap," terang Zul Asri.

Menurutnya, untuk jadwal penyeberangan nantinya diperkirakan akan terjadwal hampir setiap hari. Karena jarak pelayaran penyeberangan sekitar 17 sampai 20 jam, jadi bisa hampir setiap hari nantinya dengan kapal yang melayani dari perusahaan yang berbeda beda.

Rencananya nanti untuk pelayaran antar provinsi ini akan dilakukan pada sore hari. Kapal dari Batam tiba di pelabuhan Sungai Selari pada pagi harinya.

"Menjelang sore kapal ini akan sandar sementara di pelabuhan sandar Air Putih," tandasnya.

Baca juga: Terkait tunggakan KTP, Plh Bupati Bengkalis warning Kadisdukcapil 15 hari kerja

Baca juga: Ingin SIM gratis di Bengkalis, ini syaratnya