Tak ada calon perseorangan Pilkada Siak hingga pendaftaran ditutup

id pilkada siak,pilkada 2020, pilkada siak 2020, pilkada serentak

Tak ada calon perseorangan Pilkada Siak hingga pendaftaran ditutup

Ilustrasi.(Arsip Antaranews)

Siak (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak menyatakanpasangan calon perseorangan atau independen tidak ada yang mendaftar untukPemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati setempat 2020 mendatang.

"Pendaftaran jalur perseorangan ini dibuka selama lima hari, dari 19-23 Februari. Tapi tak ada yang mendaftar," kata anggotaKPU Siak, Agus Haryanto di Siak, Senin.

Meski begitu, Agus menyampaikan bahwa dalam tiga bulan terakhir ada dua kelompok yang berkonsultasi terkait pendaftaran melalui jalur independen. Namun hingga pendaftaran ditutup tidak ada yang menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU.

Keduanya ada atas nama Kelompok Morse Tarigan dan Turyono. Mereka tidak ada yang menyerahkan berkas untuk mendaftar. Maka dari itu dengan ditutupnya tahapan penyerahan syarat dukungan bakal calon perseorangan ini, kata Agus maka sudah dapat dipastikan Pilbup Siak 2020 tidak ada pasangan calon perseorangan atau jalur independen.

Untuk calon perseorangan (non partai) yang ingin ikut kontestasi lima tahunan tersebut harus memenuhi syarat dukungan. Untuk Siak jumlahnya yakni sekitar 24.000 orang, yang dibuktikan melalui kartu tanda penduduk dan surat pernyataan dukungan.

Sementara itu, pasangan calon yang akan bertarung melalui partai akan dilakukan beberapa bulan mendatang. Jarak waktu yang jauh dengan pendaftaran perorangan karena dibutuhkan waktu untuk verifikasi faktual.

Untuk yang dari partai saat ini sejumlah partai juga sudah merampungkan masa pendaftaran. Tinggal menunggu keputusan partai terkait nama calon yang akan diusung maupun didukung.

Sejauh ini, bakal calon bupati yang muncul tentunya petahana yakni Alfedri. Dia diusung partai hang dipimpinnya yakni Partai Amanat Nasional. Alfedri hampir dipastikan sebagai bakal cabup karena partai tersebut hanya membuka pendaftaran untuk posisi bakal wakil bupati saja.

Baca juga: Golkar Siak buka penjaringan bacalon bupati, ini tahapannya

Baca juga: Pilkada 2020, Bupati Siak kembalikan formulir ke Gerindra


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar