Golkar Siak buka penjaringan bacalon bupati, ini tahapannya

id golkar siak,pilkada riau 2020,pilkada siak,berita riau antara,berita riau terbaru

Golkar Siak buka penjaringan bacalon bupati, ini tahapannya

Ketua Tim Penjaringan Golkar Siak, Aprianto Umar bersama sejumlah pengurus lainnya.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

SIAK, (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Golongan Karya Kabupaten Siak menyatakan akan membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah tahun 2020.

"Tahap pertama akan dilakukan penjaringan yang agendanya meliputi pengambilan formulir 16-20 Desember 2019," kataKetua Tim Seleksi Bacalon Bupati DPD Golkar Siak,Aprianto Umar yang akrab disapa Anto Klink, Jumat.

Golkar Siak adalah partai pemenang pemilihan legislatif 2019 dengan raihan delapan kursi untuk DPRD setempat. Hal ini menjadikan Golkar satu-satunya partai yang bisa mengusung calonnya tanpa koalisi karena telah memenuhi syarat presentase suara 20 persen.

Aprianto Umar mengatakan, untuk menyeleksi kandidat Bacalon Bupati/Wakil Bupati, Golkar memiliki "platform" dan sistem. Itu sesuai dengan petunjuk pelaksanaan (Juklak) Nomor 6 Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Tahun 2016.

"Dalam rangka menyeleksi bakal calon, ada beberapa tahapan yang akan dilakukan oleh Partai Golkar. Sedangkan untuk pengembalian formulirnya, akan dilakukan pada tanggal 21-24 Desember 2019," tambahnya.

Kemudian tahapan selanjutnya adalah tahap penyaringan bakal calon yang akan dilaksanakan pada 25 Desember 2019 hingga 1 Februari 2020. Dalam tahapan ini, bakal calon harus melengkapi persyaratan umum dan persyaratan khusus.

"Untuk persyaratan umumnya hampir sama seperti persyaratan di KPU. Nah, untuk persyaratan khususnya ada beberapa kriteria untuk kader partai," kata Aprianto Umar yang juga menjabat sebagai Ketua Harian DPD Partai Golkar Siak ini.

Kriteria khusus tersebut yakni bakal calon haruslah merupakan kader Partai Golkar yang aktif setidaknya lima tahun dalam kepengurusan internal. Kemudian memiliki kapabilitas dan aksesibilitas, pernah mengikuti pendidikan kader partai, memiliki prestasi, dedikasi, loyalitas, dan tidak pernah melakukan perbuatan tercela.

"Yang jelas tingkat elektibitas Bacalon menjadi poin utama dan ini akan disurvei oleh lembaga survei yang ditunjuk oleh DPP. Saya pastikan tanpa mahar," sebutnya yang juga Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Siak ini.

Baca juga: Maju di Pilkada Rohil, ini janji Syafrudin Iput

Baca juga: Bawaslu Dumai rekrut 21 petugas pengawas kecamatan untuk Pilkada 2020

Baca juga: Pilbub Kuansing 2020, Andi Putra gandeng Suhardiman Amby
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar