Pasca-Banjir Rohul, ACT-MRI Riau bantu pelayanan kesehatan

id ACT, ACT Riau, MRI Riau, banjir Rohul

Pasca-Banjir Rohul, ACT-MRI Riau bantu pelayanan kesehatan

Bantuan kesehatan oleh ACT-MRI Riau di Kab Rohul. (ANTARA/HO-ACT)

Pekanbaru (ANTARA) - Pelayanan kesehatan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Riau untuk warga Dusun Luba Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, serta sekitar dusun terus dilakukan supaya warga mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

Pelayanan kesehatan tersebut berlangsung satu hari pada, Rabu (4/12) dan digelar oleh tujuh orang tim medis ACT & MRI Wilayah Riau. Kegiatan ini menyasar dusun dimana warganya tergolong prasejahtera.

Koordinator pelayanan kesehatan ACT dr Quraish Shihab menjelaskan, dusun yang menjadi pelayanan medis ini adalah masyarakat dengan pendidikan dan ekonomi rendah, dimana mayoritas masyarakat bekerja sebagai buruh tani atau pekerja lepas.

Selain itu, akses jalan pun dari dan menuju dusun tersebut sangat jauh.
Bantuan kesehatan oleh ACT-MRI Riau di Kab Rohul. (ANTARA/HO-ACT)


Puluhan warga antusias mengikuti pelayanan kesehatan ini satu per satu mereka diperiksa kondisi kesehatannya. Rata-rata warga yang sebelumnya terdampak banjir di beberapa waktu lalu di antaranya merasakan adanya nyeri tulang belakang yang menjalar hingga ke kaki, gatal gatal pada kulit pasca banjir, serta sakit kepala di indikasi karena adanya perubahan cuaca setiap harinya.

"Maka dari itu mengobati simtomatik (gejala) kepada warga perlu dilakukan," kata Quraish Shihab.

Selain di Dusun Luba Hilir, tim pelayanan kesehatan ACT juga akan memberikan layanan kesehatan di Kabupaten Siak, Duri serta beberapa wilayah lain di Riau.

Baca juga: ACT-MRI Riau salurkan bantuan logistik bagi korban banjir Rohul

Baca juga: PT Cahaya Riau berdayakan petani madu melalui zakat yang dikelola ACT


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar