PJ Bupati Bengkalis Ingatkan Warga Waspada Penipuan

id , pj bupati, bengkalis ingatkan, warga waspada penipuan

  PJ Bupati Bengkalis Ingatkan Warga Waspada Penipuan

Bengkalis, (Antarariau.com)- Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie mengimbau warganya untuk berhati-hati dan waspada terhadap pelaku penipuan berkedok penelepon yang mengaku-ngaku dari pihak manapun.

"Penipuan dengan modus kabar dusta lewat telepon saat ini masih kerap terjadi. dengan melalui beragam kisah, penipu tersebut berharap korban di ujung telepon segera panik. Rata-rata mengabarkan bahwa anak atau orang dekat korban tengah kecelakaan di suatu tempat," kata Penjabat bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie dalam keterangannya di Bengkalis, Selasa.

Ia mengatakan, ada juga pelaku yang mengaku sebagai anggota polisi. Misalnya, penipu itu mengabarkan bahwa anak dari korban yang mereka incar sudah ditangkap karena kasus narkoba sehingga korban harus segera mengirim uang agar yang bersangkutan bisa diselamatkan.

"Modus demikian yang coba dilakukan seorang penipu kepada salah seorang staf di pemerintah kabupaten Bengkalis," katanya.

Ahmad Syah menceritakan bahwa saat makan siang bersama sejumlah staf di salah satu rumah makan di seberang jalan kompleks perkantoran Unit Pelaksana Teknis Dinas Kecamatan Bukit Batu, Kamis (15/10) lalu, seorang stafnya dihubungi seseorang via telepon

"Pemilik nomor tersebut mengaku ajudan salah seorang petinggi di jajaran Polda Riau dengan menyebut nama dan memberikan nomor pejabat tersebut. penelpon tersebut meminta staf saya untuk segera menghubungi pejabat tersebut saat itu juga dengan alasan penting," jelas Ahmad Syah.

Namun, sambung Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Provinsi Riau ini, permintaan tersebut tidak langsung dipenuhi, melalui bantuan teknologi di telepon seluler, stafnya yang lain mencoba mencari kebenaran nama dan jabatan yang disebutkan penelepon tersebut, setelah dicari ternyata persis sama dengan yang disebutkan penelepon.

Meskipun demikian, katanya lagi, stafnya yang lain mencoba mencari informasi dengan pihak-pihak lain yang dikenal dekat dengan pejabat yang disebutkan penelepon tersebut untuk mencari tahu nomor telepon selulernya.