PU Dumai Akan Bangun 65 Unit RLH

id pu dumai, akan bangun, 65 unit rlh

PU Dumai Akan Bangun 65 Unit RLH

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Dumai Provinsi Riau pada tahun 2015 ini akan membangun 65 unit rumah layak huni (RLH) tipe 36 untuk warga miskin yang tersebar di 11 kelurahan.

Kepala DPU Dumai Joni Amdani menyebutkan, pembangunan RLH mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya yaitu 100 unit karena pengaruh berkurangnya anggaran transfer daerah dari pusat.

"Karena anggaran dari pusat berkurang, maka kita menyesuaikan kemampuan keuangan dan hanya akan membangun 65 unit rumah layak huni tahun ini," katanya, Senin.

Dia menyebutkan, pendirian rumah layak huni diperuntukkan bagi warga dengan identitas penduduk Dumai berasal dari keluarga kurang mampu yang memiliki sebidang tanah bersertifikat.

Pembangunan RLH ini bersumber dari anggaran pemerintah daerah dibantu alokasi dana Pemerintah Provinsi Riau dalam rangka mendukung program percepatan pengentasan kemiskinan.

"Rumah layak huni tahun ini akan kita bangun secara proporsional di 11 kelurahan tersebar di 7 kecamatan untuk warga yang berhak mendapatkan bantuan sesuai kriteria ditetapkan," terangnya.

Warga penerima RLH, lanjut dia, akan ditetapkan berdasarkan survei lapangan oleh petugas dan rukun tetangga (RT) serta mendapat rekomendasi dari pemerintahan kelurahan setempat sesuai syarat yang sudah ditentukan.

Menurut dia, meski kondisi keuangan daerah mengalami pengurangan, namun tidak menyurutkan tekad pemerintah daerah untuk melancarkan program berpihak ke masyarakat miskin.

"Diharapkan dengan bantuan rumah layak huni ini bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat penerima dan bermanfaat serta bisa terus ditingkatkan pembangunan di semua kelurahan," harapnya.

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) sejak 2007 hingga 2014 lalu telah mendirikan ratusan unit RLH didukung bantuan anggaran Pemprov Riau sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.