BKKBN Riau raih 2 penghargaan program Bangga Kencana

id BKKBN Riau

BKKBN Riau raih 2 penghargaan program Bangga Kencana

Para penerima penghargaan termasuk Perwakilan BKKBN Provinsi Riau saat menerima penghargaan. (ANTARA/HO-BKKBN Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Riau meraih 2 penghargaan pada apresiasi Program Bangga Kencana Bidang Pengendalian Penduduk tahun 2024.

Penghargaan diberikan saat Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Bidang Pengendalian Penduduk Tahun 2024 yang dilaksanakan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada 9-12 September 2024.

"Dua penghargaan yang diraih berkat terbentuknya Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di setiap kecamatan di Riau sudah 100 persen. Alhamdulillah, kita mendapatkan penghargaan atas terbentuknya kampung keluarga berkualitas yang sudah terbentuk 100 persen, setiap kecamatan ada kampung berkualitas," kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia dalam keterangannya yang diterima ANTARA di Pekanbaru, Jumat.

Ia menjelaskan pembentukan Kampung KB berkat dukungan Gubernur Riau sebelumnya dalam rangka menindaklanjuti Inpres Nomor 3 tahun 2022, yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Gubernur Riau.

Penghargaan yang kedua diterima BKKBN Riau sehubungan dengan BKKBN Riau telah memiliki Grand Design Pengendalian Kependudukan (GDPK) dilengkapi dengan regulasi Peraturan Gubernur dan kabupaten kota se-Riau juga sudah memiliki GDPK.

"Riau sudah punya grand design pengendalian kuantitas penduduk yang diregulasikan dan sudah ada Pergub sehingga mendapatkan penghargaan. Termasuk juga kabupaten kota yang difasilitasi BKKBN Riau sudah memiliki regulasi, sebab GDPK ini sebagai bentuk perencanaan daerah terkait dengan isu kependudukan agar masuk dalam RPJMD," katanya.

Penghargaan kepada Perwakilan BKKBN Provinsi Riau antara lain yaitu provinsi dengan 100 persen pencapaian target pembentukan Kampung Keluarga Berkualitas serta Provinsi dengan GDPKlima pilar daerah yang dilegalkan terbanyak, diserahkan Kedeputian Pengendalian Penduduk BKKBN RI.