BKPSDM luncurkan Meranti Corporate University tingkatkan kompetensi ASN

id BKPSDM Meranti ,Kepala BKPSDM Bakharuddin ,Meranti Corporote University

BKPSDM luncurkan Meranti Corporate University tingkatkan kompetensi ASN

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Meranti, Bakharuddin saat menyampaikan sejumlah hal dalam kegiatan Soft Launching dan Sosialisasi Meranti Corporote University untuk pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Aula Kantor Bupati, Senin (19/8/2023). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Meranti menggelar Soft Launching dan Sosialisasi Meranti Corporate University untuk pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Aula Kantor Bupati, Senin.

Kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Kepulauan Meranti, Sudandri. Ia mengatakan istilah Corporate University ini sebenarnya memang sedikit lazim terdengar, namun dalam sistem pekerjaan dan manajerial modern, ini sudah lama dipakai.

"Corporate University ini merupakan metode pembelajaran yang memasukkan unsur clasical dan non clasical di tempat kerja masing-masing. Ini untuk mengembangkan kapasitas ASN dan non ASN dalam mencapai tujuan organisasi," ujar Sudandri.

Dirinya mengharapkan agar Corporate University ini bisa menjadi sebuah solusi yang dapat membantu kinerja ASN ke depannya, sehingga dapat mewujudkan Meranti yang maju, cerdas dan bermartabat.

"Untuk memajukan itu harus didukung oleh sumber daya manusia yang punya kapasitas mumpuni. Untuk itu, mari ikuti kegiatan ini dengan baik sehingga kita bisa memahami apa yang menjadi tujuan Corporote University tersebut," ucapnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kepulauan Meranti, Bakharudin menuturkan Corporate University ini jangan dibayangkan sebagai kampus megah di Meranti yang menghabiskan banyak dana membangunnya.

Namun, kata dia, lebih kepada kata sifat bahwa Pemkab Kepulauan Meranti akan membangun sesuatu organisasi pembelajaran yang tidak harus membentuk unit kerja yang baru.

"Corporate University ini adalah kata lain dari organisasi pembelajaran yang kalau kita ambil dari definisi yang disampaikan di Peraturan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 6 tahun 2023," jelas Bakharuddin.

"Intensitas kegiatannya berupa pengembangan kompetensi ASN yang berperan secara strategis untuk mendukung pencapaian pembangunan nasional dalam bentuk penanganan isu-isu strategis melalui proses pembelajaran tematik dan terintegrasi dengan melibatkan instansi pemerintah terkait. Baik itu tenaga ahli di luar instansi dan lainnya", tambah Bakharuddin lagi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para asisten, kepala dinas/badan, camat, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.