Siap-siap, segera dibuka seleksi CPNS dan PPPK tahun 2024 di Meranti

id CPNS di Meranti ,PPPK di Meranti ,BKPSDM Meranti ,Seleksi CPNS dan PPPK di Meranti

Siap-siap, segera dibuka seleksi CPNS dan PPPK tahun 2024 di Meranti

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kepulauan Meranti, Bakharuddin. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024 di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti akan dibuka dalam beberapa pekan mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Meranti, Bakharuddin mengungkapkan, pihaknya menerima gambaran terkait pembukaan seleksi kedua jalur abdi negara itu. Namun penetapan jadwalnya masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat.

"Insya Allah, pembukaannya akan dijadwalkan pada pekan ketiga Agustus 2024 ini. Namun penetapan hari dan tanggalnya, kami masih menunggu petunjuk dari pusat. Kalau sudah ada nanti kita umumkan," kata Bakharuddin saat dikonfirmasi ANTARA, Rabu.

Bakharuddin menjelaskan, pihaknya mengusulkan sebanyak 600 formasi kebutuhan pegawai ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). Diantaranya 225 formasi untuk CPNS dan 375 PPK.

"CPNS itu rinciannya 75 tenaga kesehatan dan 150 tenaga teknis. Tenaga kesehatan nanti di dalamnya ada berbagai macam posisi seperti dokter, perawat dan lain sebagainya. Begitu juga sama dengan tenaga teknis," ujarnya.

Sedangkan PPPK, jumlah formasinya ada 375. Namun, sebut Bakharuddin, pihaknya belum mendapatkan informasi dari pemerintah pusat terkait formasi yang akan dibuka.

"Apa-apa saja (formasi) yang disetujui oleh pemerintah pusat, belum kita dapatkan informasinya. Tetapi mudah-mudahan angka jumlah formasi yang kita usulkan tidak berubah," terang Bakharuddin.

Lebih jauh, Bakharuddin menuturkan bahwa seleksi PPPK yang dibuka akan diprioritaskan untuk para tenaga honorer di Pemkab Kepulauan Meranti. Meski begitu, seleksi tersebut juga tidak menutup kesempatan bagi kalangan umum.

"Formasi PPPK yang kita masukkan sesuai usulan kita tampung dari tiap OPD. Termasuk juga posisi guru yang saat ini telah dialihkan semuanya ke PPPK," tuturnya.

Terhadap lokasi pelaksanaan seleksi CPNS ia membeberkan bakal berlangsung di Kantor Regional BKN XII Kota Pekanbaru, Riau.

"Karena kemampuan anggaran yang minim seleksi akan dilaksanakan seperti sebelumnya. Menumpang di Kanreg BKN pekanbaru," ucapnya.

Untuk itu ia berharap persiapan bagi anak daerah jelang pendaftaran di mulai. Selain itu dapat aktif memantau perkembangan informasi yang berkaitan rangkaian seleksi CPNS dan PPPK 2024.