Warga Pekanbaru serahkan siamang ke BBKSDA Riau

id BBKSDA Riau,Siamang

Warga Pekanbaru serahkan siamang ke BBKSDA Riau

Seekor satwa siamang (Symphalangus syndactylus) bernama Junior direhabilitasi di Pusat Penyelamatan Satwa BBKSDA Riau. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Seekor satwa siamang (Symphalangus syndactylus) diserahkan warga di Jalan Harmonis, Tenayan Raya, Pekanbaru kepada BBKSDA Riau setelah bertahun-tahun dirawatnya, Senin (10/6).

Kepala BBKSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan di Pekanbaru, Selasa, menjelaskan siamang bernama Junior ini diserahkan secara sukarela oleh warga yang telah merawatnya selama kurang lebih 10 tahun.

"Satwa ini telah dipelihara salah seorang warga di Pekanbaru sejak 2014. Ia mendapatkannya dari temannya," sebutnya kepada awak media.

Menindaklanjuti laporan tersebut, tim BBKSDA segera menuju lokasi dan melakukan observasi singkat terhadap satwa tersebut.

Hasilnya, tim BBKSDA menilai junior sangat agresif dan tidak bisa dilakukan pemindahan secara manual ke kandang transportasi.

"Maka tim melakukan upaya pembiusan atau chemical restraint untuk dipindahkan ke kandang transportasi," lanjutnya.

Berdasarkan hasil identifikasi, dikatakan Genman, satwa tersebut diperkirakan sekitar berumur 10-11 tahun dengan jenis kelamin betina.

"Satwa dalam keadaan sehat dan saat ini dilakukan rehabilitasi di Pusat Penyelamatan Satwa BBKSDA Riau," pungkas Genman.

Baca juga: BBKSDA Riau lepasliarkan ular piton dan buaya pernah gigit anak sekolah

Baca juga: Lama dipelihara Sekda Siak, Siamang ini diserahkan ke BBKSDA Riau