Aktif bantu atasi pandemi, Polda Riau raih terbaik ke dua di Kompolnas Award 2022

id Polda Riau,Kompolnas award 2022

Aktif bantu atasi pandemi, Polda Riau raih terbaik ke dua di Kompolnas Award 2022

Kapolda Riau saat menerima penghargaan di Kompolnas award 2022. (ANTARA/HO-Polda Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Selain Polresta Pekanbaru, Polda Riau juga mendapatkan peringkat terbaik kedua di ajang Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) award tahun 2022 atas inovasi dan pelayanan masyarakat selama masa pandemi.

Penghargaan diterima langsung di Jakarta oleh Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Kamis. Acara ini dihadiri langsung oleh Menkopolhukam selaku Ketua Kompolnas RI Mahfud MD dan Wakapolri Komjen Gatot Edy.

Ketua Harian Kompolnas, Irjen (Purn) Benny Mamoto mengatakan ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi dalam penghargaan kali ini. Kriteria itu mulai dari inovasi, crime total and crime clearence, restorative justice, pencapaian vaksinasi hingga pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi.

Sementara, Polda terbaik pertama di ajang KompolnasAward2022 adalah Polda Bali.

Berbagai inovasi yang dilakukan Polda dinilai patut mendapat apresiasi. Terlebih komisioner Kompolnas sudah turun langsung ke wilayah kesatuan yang masuk 10 besar pelayanan terbaik di Korps Bhayangkara tersebut.

"Semua kami analisa datanya, di-cross check datanya dan verifikasi ke Polri. Kemudian setelah mengerucut 10 besar baru kita ke daerah melihat langsung, kita lihat inovasi yang dibuat, di Pekanbaru kita lihat sendiri anggota dapat memberdayakan masyarakat pada sektor ekonomi," kata Benny.

Khusus untuk Polda Riau tim Kompolnas melihat pelayanan dan fasilitas yang ada sangat layak. Termasuk transparansi saat menangani perkara yang masuk ke Polda Riau dan jajarannya.

"Pelayanan publiknya bagus, transparan, ramah, banyak inovasi dilakukan. Bahkan kami juga wawancarai masyarakat terkait pelayanan, semua fakta-fakta ini kami temukan. Ada Bhabinkamtimas juga bisa membantu masyarakat, diakui betul sama masyarakat dan mereka jaga keamanan," katanya.

Staf Khusus Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan RI Rizal Mustari mengaku selalu mengikuti jejak kepemimpinan Iqbal. Ia menilai sangat wajar jika Polda Riau di bawah kepemimpinan Iqbal mendapatkan prestasi Kompolnas Award ini.

“Itu adalah prestasi yang tepat dan sangat layak. Dimata saya Irjen Pol Mohammad Iqbal itu merupakan perwira tinggi Polri yang memiliki dedikasi sangat tinggi, profesional dan kreatif sehingga pantas mendapatkan hasil yang baik dan membanggakan pada setiap tugas yang diberikan. Sangat pantas untuk dicontoh,” jelasnya.

Sementara Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengaku pelayanan dan komunikasi yang terbuka adalah program prioritasnya saat pertama kali menjabat. Bahkan Iqbal minta seluruh Polres dan jajaran bisa lebih dekat dengan masyarakat.

"Saya selalu sampaikan bahwa kita harus dekat ke masyarakat. Kita harus jadi sahabat masyarakat dan buka jalan seluas-luasnya untuk komunikasi. Bahkan saya bilang jadi polisi itu dicintai masyarakat dan itu jadi program prioritas kita," kata mantan Kapolda NTB tersebut.

Khusus untuk penanganan konflik, Kapolda memastikan seluruh kepala daerah terlibat. Iqbal mendorong semua kepala daerah dan stakeholder terkait termasuk Kapolres ikut menuntaskan permasalahan demi keamanan bersama.

"Penyelesaian konflik-konflik itu kita targetkan memang ke Polres. Termasuk mendorong kepala daerah membentuk tim penyelesaian konflik karena kalau konflik ada pasti nanti muaranya gangguan keamanan, muaranya ke pemerintah, ekonomi turun dan lainnya," kata Iqbal.

Capaian yang didapatkan Polda Riau menurutnya atas kerjasama semua pejabat utama dan Polres jajaran. Disebutkannya, penghargaan ini menjadi penyemangat untuk pihaknya mengabdi ke masyarakat dan melakukan penegakan hukum profesional dan berkeadilan

"Ini atas kerja keras semuanya. Kami ingin sangat dekat dan selalu ada di hati masyarakat Riau ini,” pungkasnya.