Produk UMKM Kampar sampai ke mancanegara

id Keripik,Blado snack

Produk UMKM Kampar sampai ke mancanegara

Jannah bersama tamu dari Swedia membeli keripik kentang Mustofa. (ANTARA/dok)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang unggul di Kabupaten Kampar dengan produknya BLADOSnacktelah sampai ke mancanegara.

Siti Nurjannah Sipayung bersama suaminya Tulus Suwasonopemilik UMKMini mengembangkan usaha rumahannya di Kecamatan Bangkinang Kota.

Mereka memulai usahanya sejak 2015 dengan berbagai macam camilan lokal seperti keripik ubi balado, kemudian berinovasi lagi dengan membuat stick keju dan lainnya.

Satu produk yang menjadi unggulan adalah Keripik Kentang Mustofa. Produk lain yang tidak kalah lezatnya adalah stick ikan patin, sebab ikan patin menjadi primadona potensi perairan di Kampar, keripik singkong panggang, peyek patin, ikan salai podeh dan juga minuman cocktail buah, pinaco (sari nenas) serta blackcau.

Keripik Kentang Mustofa Blado Snack ini telah sampai ke mancanegara seperti Malaysia, Mekkah sebagai oleh-oleh. Produk blado juga sudah mencoba pengiriman produk contoh ke negara Asia Tengah yakni Kazakhstan dan Tajikistan juga dibawa ke Qatar dan Turki.

Satu harapan dan angan-angannya untuk mengembangkan usahanya ini agar lebih dikenali lagi. "Saya berharap ke depannya dapat membangun dapur produksi dan gerai oleh-oleh sehingga bisa bermitra dengan UMKM lainnya," ucapnya.

Dalam pengembangan usahanya ini, ia merasakan adanya dukungan luar biasa dari berbagai instansi pemerintah Kabupaten Kampar membantu mempromosikan produknya.

"Dukungan dinas-dinas yang ada sangat luar biasa dalam mempromosikan produk kami, dalam berbagai ivenBlado Snack selalu diikutsertakan, salah satunya pernah diutus menghadiri Bandung Expo dari Dina Koperasi dan UMK Kampar," ujarnya.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan selalu mendukung dengan memperkenalkan sebagai hampers untuk tokoh-tokoh nasional dan saat ini dukungan dari Dinas Perindustrian dan Dinas Pertanian juga hadir untuk membantu mempromosikan produk Blado Snack di Event Riau Expo.

"Alhamdulillah saya selalu bersyukur berada di tengah-tengah orang-orang yang selalu memberikan dukungan pada usaha kami," tuturnya.