Kapolri akan buka Tour de Siak

id Kapolri, tour de Siak, buka

Kapolri akan buka Tour de Siak

Bupati Siak, Alfedri dalam rapat teknis penyelenggaraan Tour de Siak ke-8 pada 1-4 Desember nanti. Direncanakan ketua PB ISSI yang juga Kapolri Jenderal Listrik Sigit Prabowo akan membuka iven tersebut pada 1 Desember. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) yang juga Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Listyo Sigit Prabowo direncanakan akan membuka kejuaraan balap sepeda Tour de Siak (TDSi) pada 1 Desember mendatang.

Bupati Siak, Alfedri menyampaikan hal tersebut dalam rapat teknis persiapan panitia lokal Tour De Siak 2022. Hal tersebut berdasarkan rapat bersama Kepolisian Daerah Riau dan Gubernur Riau beberapa waktu lalu.

"Kapolda menyampaikan Ketua PB ISSI Jendral Listyo Sigit Prabowo pada acara malam pembukaan TDSi beliau akan hadir. Kita juga secara resmi menyurati minta kehadiran beliau," kata Alfedri di kantor Bupati Siak, Senin.

Maka dari itu, Bupati Alfedri mengatakan pihaknya sebelum kegiatan akan silaturahmi dengan Ketua PB ISSI di Jakarta. Selain itu pihaknya juga akan menyiapkan penyambutan, serta pengaturan malam acara pembukaan dengan protokol keamanan yang ketat.

Tour de Siak ke-8 kali ini dilaksanakan berbeda dengan yang sebelumnya di mana rutenya diperluas hingga ke Pekanbaru. Jika dulunya etape hanya di Siak, pada tahun ini akan melewati Kabupaten Pelalawan dan Pekanbaru dalam tiga etape.

Begitu juga dengan penyelenggaraannya kali ini dilakukan oleh Dispar Riau dan Siak. Sebanyak 13 tim sudah konfirmasi ikut terdiri atas delapan tim dalam negeri dan lima tim luar negeri yang berasal dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Filipina

Untuk Etape I yakni "Siak City Race" keliling Kota Siak Sri Inderapura sebanyak lima putaran dengan jarak 85 kilometer. Permulaannya dari Istana Siak dan finis di depan Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafi"an Siak pada 2 Desember.

Keesokan harinya Etape II yakni Siak hingga Pekanbaru melewati Kabupaten Pelalawan sepanjang 130 km. Rutenya Siak, Dayun, Km 11, Lubuk Dalam, Kerinci Kanan, Simpang Perak, Jalan Lintas Timur Sumatera di Pelalawan, Harapan Raya Pekanbaru dan finis di Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman.

Terakhir Etape III dilaksanakan balapan dalam Kota Pekanbaru sepanjang 120 kilometer sebanyak tiga putaran. Mulai dari Kantor Gubernur Riau, Jembatan Siak IV, Rumbai, Jalan Paus, Simpang Bingung, Jalan Riau Ujung, Soekarno-Hatta, Arifin Achmad, dan Sudirman.