Bupati Inhu harap SPIP berjalan lebih optimal

id Rengat,Indragiri Hulu

Bupati Inhu harap SPIP berjalan lebih optimal

Assisten Bupati Buka Acara SPIP. (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi membuka acara bimbingan teknis peningkatan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegrasi di Rengat, Kamis, dan berharap ini berjalan lebih optimal.

"Pemerintah berharap peserta dapat berkomitmen untuk mengimplementasikan sistem ini dengan baik dan benar," kata Bupati Inhu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Bupati Bidang Administrasi Umum, Erlina Wahyuningsih di Rengat.

Tujuannya, agar SPIP Kabupaten Indragiri Hulu dapat meningkat, oleh karena itu peserta dapat mengaplikasikan dan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien.

Sedangkan, Ketua pelaksana, Kepala Inspektorat Inhu Boyke D E Sitinjak mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan kepada pimpinan dan Satuan Tugas (Satgas) dalam rangka penilaian mandiri masing - masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Pada 2018 Indragiri Hulu pada level 3 tingkat maturasi SPIP," ujarnya.

Artinya sudah terimplementasi namun masih perlu penilaian kembali untuk pencerminan dari masing-masing OPD, karena penilaian tersebut dilakukan langsung oleh BPKP dari sektor OPD.

Pada kesempatan itu, Perwakilan Tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Riau, Apul Pandapotan Saragih menyebutkan, penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) diharapkan dapat memberikan keyakinan yang memadai bagi terciptanya efektivitas dan efisiensi tujuan penyelenggaraan pemerintah.