Kejari Inhil siap hadapi gugatan praperadilan tim mantan Bupati

id Kejaksaan negeri indragiri, kejari inhil, rini triningsih, indra muchlis adnan, mantan bupati inhil jadi tersangka

Kejari Inhil siap hadapi gugatan praperadilan tim mantan Bupati

Sidang praperadilan kasus dugaan korupsi penyertaan modal BUMD PT GCM yang diajukan oleh tersangka Indra Muchlis Adnan kepada Pengadilan Negeri (PN) Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Senin (4/7). (ANTARA/Adriah)

Akan kita patahkan dengan bukti-bukti,
Tembilahan (ANTARA) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Indragiri Hilir menyatakan siap menghadapi permohonan praperadilan yang diajukan oleh kuasa hukum mantan Bupati Indra Muchlis Adnan.

“Ini merupakan hak tersangka untuk ajukan praperadilan dan kita menghargai itu,” ucap Kepala Kejaksaan Negeri Indragiri, Rini Triningsih kepada ANTARA, Senin.

Menurut Rini, penyidikan perkara tersebut sudah sesuai dengan mekanisme perundang-undangan.

Rini mengungkapkan, penetapan tersangka Indra Muchlis Adnan dalam kasus dugaan korupsi penyertaan modal PT Gemilang Citra Mandiri (GCM) tahun 2004-2006 sudah sesuai prosedur.

Selain itu, Kejaksaan Negeri sudah memiliki dua alat bukti dalam pengusutan perkara dugaan korupsi yang menjerat pemohon.

“Besok akan kita jawab dalam sidang lanjutan. semua dalil-dalil dari pemohon akan kita patahkan dengan bukti-bukti,” tegasnya.

Indra Muchlis Adnan melalui kuasa hukumnya mengajukan gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Tembilahan, atas penetapan dirinya sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri terkait dugaan korupsi penyertaan modal PT GCM.

Gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri terdaftar pada Selasa (21/6) dengan nomor 2./Pid.Pra/2022/Pn.Tbh. Permohonan praperadilan diajukan karena penetapan eks Bupati Indragiri Hilir tidak sesuai Standard Operating Procedure (SOP) dan dinilai cacat formil.

Kuasa hukum Indra Muchlis Adnan, Zainuddin menyebutkan pihaknya berhak melakukan koreksi atas penetapan hukum yang dikeluarkan oleh pihak penyidik.

“Kita berhak melakukan perlawanan atau penolakan terhadap penetapan itu melalui upaya resmi praperadilan,” Zainuddin Acang.

Terdapat sejumlah poingugatan yang diajukan pemohon salah satunya Kejari Inhil dinilai melanggar hukum formil dalam pengusutan pidana materil. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) yang diterbitkan kejaksaan dalam penetapan tersangka sehingga membuat tidak adanya kepastian hukum terhadap penetapan tersebut.

Baca juga: Kejari Inhil tahan mantan Bupati Inhil terkait korupsi penyertaan modal BUMD