Gandeng Tax Center UPP, KP2KP Pasir Pengaraian buka layanan di empat kecamatan

id kp2kp pasir pengaraian, djp riau

Gandeng Tax Center UPP, KP2KP Pasir Pengaraian buka layanan di empat kecamatan

Kegiatan Layanan Di luar Kantor (LDK) oleh KP2KP Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. (ANTARA/HO-KP2KP Pasir)

Pasir Pengaraian (ANTARA) - Sebagai implementasi peran Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) dalam melaksanakan fungsi pelayanan dan penyuluhan, KP2KP Pasir Pengaraian terus berupaya dalam memberikan pemahaman dan asistensi kepada masyarakat terkait perpajakan melalui Layanan Di luar Kantor (LDK).

Tercatat pada satu pekan terakhir, KP2KP Pasir Pengaraian telah melaksanakan sosialisasi di empat kecamatan di wilayahnya.

Kepala KP2KP Pasir Pengaraian Mohamad Amir, mengatakan dengan luasnya wilayah kerja di Rokan Hulu, pihaknya merasa kegiatan LDK sangat perlu dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.

"Minggu ini kami laksanakan LDK di Kecamatan Rambah Utama (15/3), Ujung Batu (16/3), Rambah Samo (17/3), dan Bangun Purba (18/3)," sebutnya.

LDK yang dilaksanakan KP2KP Pasir kali ini bertepatan dengan momentum berakhirnya masa pelaporan pajak penghasilan tahunan orang pribadi pada 31 Maret 2022 nanti.

Kegiatan LDK kali ini pun berbeda dengan LDK yang biasa dilakukan KP2KP Pasir sebelumnya karena melibatkan relawan pajak dari Tax Center Universitas Pasir Pengaraian (UPP).

Lebih lanjut, Amir menerangkan relawan pajak merupakan salah satu bentuk kegiatan edukasi pajak untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak serta mendorong implementasi pelibatan pihak ketiga dalam kegiatan penyuluhan perpajakan.

Program relawan pajak tersebut dapat melibatkan mahasiswa dari berbagai jurusan dan dilaksanakan dengan melibatkan tax center atau program studi perpajakan (organisasi mitra) di seluruh Indonesia.

"Ketentuan lebih detil terkait relawan pajak juga telah diatur dalam Peraturan Direktur Ditjen Pajak nomor Per-12/PJ/2021 tentang edukasi perpajakan, tambahnya.

Sementara itu, Annisa Abror sebagai ketua relawan pajak tax center UPP mengatakan kegiatan relawan pajak di KP2KP Pasir Pengaraian menjadi agenda tahunan sebagai bagian dari tax center UPP.

"Sebagai mahasiswa kegiatan ini tentu menjadi pembelajaran yang sangat penting karena memberikan kami pengetahuan secara langsung bagaimana kegiatan perpajakan di lapangan, contohnya dengan dilibatkan dalam LDK ini. Kami belajar banyak melayani Wajib Pajak dengan kondisi-kondisi yang beragam," ucapnya.

Melalui LDK, KP2KP Pasir Pengaraian memberikan asistensi dan konsultasi berupa pelaporan pajak, pendaftaran NPWP, pembuatan kode billing, aktivasi/cetak EFIN, serta konsultasi masalah perpajakan lainnya.