Pesan mendalam Otto Hasibuan kepada para advokat di Kampar

id Peradi

Pesan mendalam Otto Hasibuan kepada para advokat di Kampar

Ketua umum Peradi Otto Hasibuan bersama Ketua DPD Kampar M. Faisal, Staf Ahli Bupati Kampar Syamsul Bahri dan Ketua PN Bangkinang I Dewa Agung Asmara

Kampar (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) Otto Hasibuan didaulat memberi pembekalan advokat Peradi wilayah hukum Pengadilan Tinggi Pekanbaru pada Kamis malam (10/3).

Dia memberi pembekalan tentang peningkatan kompetensi dalam rangka mewujudkan advokat Peradi yang profesional dan bermartabat menuju single bar setelah melantik empat organisasi Peradi.

Dia mengingatkan agar para advokat selain harus pintar juga mampu menanamkan sifat jujur.

"Saya sebagai advokat harus bekerja profesional, pintar dan jujur karena keduanya itu harus paralel atau sejajar," kata dia.

Tugas utama advokat itu adalah pelayanan hukum bagi klien itu sangat penting, tidak berorientasi kepada uang semata.

"Semakin tinggi kualitas dan pelayanan maka akan meningkatkan honorarium sebagai advokat, jangan khawatir dengan rezeki sebab rezeki itu kakinya tiga," tukas pria kelahiran 5 Mei 1957 ini.

Kemudian, pengacara juga harus banyak mendengar, membaca dan berani kegagalan serta aktif berorganisasi sebab melalui wadah ini dapat bersatu dan membentuk kekompakan

Menurutnya, hal yang sangat penting adalah tidak pernah menjanjikan kemenangan sebab tugas advokat itu hanya memberi pelayanan hukum

"Tanamkan bahwa saya akan mengerjakan pelayanan hukum dengan sebaik-baiknya dan setulus-tulusnya sebab tugas kita untuk membela perkara tidak untuk memenangkan perkara, menang itu urusan hakim," ujarnya.

Sementara itu Penasihat Peradi Bangkinang Juswari Umar Said yang baru saja dilantik mengaku sangat sependapat apa yang disampaikan Ketua Umum Peradi itu.

"Pengalaman saya menjadi lawyer sejak 1998, menjadi advokat itu memang harus pintar dan jujur, sebab dengan kejujuran orang akan percaya kepada kita, apalagi kita sering memenangkan perkara masyarakat yang memang membutuhkan keadilan," ujar Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Kampar ini.

Dikatakannya, dengan kepintaran, kecerdasan kita bisa mendapatkan klien disertai sikap pemberani dan jujur menambah tingkat kepercayaan klien.

"Jangan muluk-muluk untuk mendapatkan jaminan kemenangan, harus profesional agar sukses jadi advokat yang handal dan terhindar dari segala macam persoalan hukum dan tetap berpegang teguh pada kode etik.