MoU Bank Riau Kepri dan Pemkab Kepulauan Anambas diteken saat Hari Sumpah Pemuda

id brk,pemkab anambas, bank riau kepri

MoU Bank Riau Kepri dan Pemkab Kepulauan Anambas diteken saat Hari Sumpah Pemuda

Proses penandatanganan Mou antara BRK dan Pemkab Anambas tepat di hari Sumpah Pemuda. (ANTARA/brk)

Pekanbaru (ANTARA) - Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, PemkabKepulauan Anambas dan PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Riau Kepri menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Layanan Jasa Perbankan di ruang rapat lantai dua kantor Bupati Kepulauan Anambas, Kamis (28/10).

Sebelum penandatangan, dilaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dihadiri Wakil Bupati Kepulauan Anambas beserta Forkompimdadan seluruh OPD di lingkungan Pemda setempat.

MoU Jasa layanan perbankan ini ditandatangani langsung Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra dan Direktur Dana dan Jasa PT Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri MA Suharto.

Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari mengatakan selama ini Kabupaten Kepulauan Anambas sangat mendukung Bank Riau Kepri dalam setiap program yang ada. Demikian juga dari Bank Riau Kepri terus komitmen memberikan dukungan kepada PemkabKepulauan Anambas dengan melakukan kerjasama terkait layanan jasa perbankan.

"Layanan jasa perbankan ini akan memudahkan transaksi pembayaran digital atau non tunai di lingkungan Pemkab Kepulauan Anambasyang merupakan bentuk dukungan Bank Riau Kepri. Sehingga Pemda dan masyarakat akan sangat mudah melakukan pembayaran non tunai kapan saja dan di mana saja," kata Andi Buchari.

Dalam era digital saat ini, kata Andi lagi, Bank Riau Kepri sangat mendukung program elektronifikasi transaksi Pemerintah Daerah (ETPD),CMS (Cash Management System) BRK untuk sisi pembelanjaan yang berintegrasi sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) sehingga pengelolaan informasi pembangunan daerah, dan informasi pemerintah daerah lainnya dapat dilakukan secara cashless sehingga menjadi lebih efektif , lebih efisien, dan lebih akuntable.

"Untuk percepatan digitalisasi daerah serta mendukung penerimaan daerah, BRK belum lama ini juga telah meluncurkan QRIS. Fitur pembayaran non tunai yang telah diluncurkan oleh Bank Indonesia ini untuk memperlancar sistem pembayaran dan transit keuangan nasional secara digital.

"Alhamdulillah, informasi dari teman-teman, QRIS Bank Riau Kepri ini sudah diterapkan untuk pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dan pembayaran infak sedekah. Pada saat ini Bank Riau Kepri juga sedang mengembangkan Sharia Digital Center (SDC)yang pertama di Indonesia yang menjadi pusat pengembangan digital untuk kemajuan ekonomi masyarakat, " kata Andi.

"Dalam kesempatan ini, kami sampaikan juga, selama proses konversi dari Bank Konvensional menjadi Bank Umum Syariah, Bank Riau Kepri tetap menjaga kinerja dengan baik. Sehingga sejumlah prestasi terus diperoleh Bank Riau Kepri. Pada 10 September 2021, Bank Riau Kepri meraih TOP BUMD 2021# Stars 4, TOP CEO BUMD 2021 untuk Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari, TOP Pembina BUMD 2021 untuk Gubernur Riau Syamsuar dan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad. Selanjutnya, Bank Riau Kepri juga meraih penghargaan dengan predikat Excellent dari Infobank dan perdikat pertama sangat baik atau Excellent untuk UUS Bank Riau Kepri," kata Andi Buchari.

Baca juga: Bersama BRK, Lapas Narkotika Rumbai akhirnya punya masjid

Selanjutnya, UUS Bank Riau Kepri bisa menjadi terbaik dari Bank Sinarmas dan Bank DKI yang mana jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, DKI Jakarta jauh lebih banyak dari pada Riau dan Kepri. UUS Bank Riau Kepri berada di Peringkat Pertama. Ini membuat kita semakin percaya diri untuk menuju Syariah.

"Mohon dukungan kepada semua pihak agar proses Syariah ini segera selesai dan Bank Riau Kepri menjadi syariah seutuhnya. Semoga Allah SWT memberikan Ridho-Nya kepada kita semua, khususnya dalam mengemban amanah bagi kemajuan Daerah dan Negeri Tercinta, Indonesia," tutur Andi.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra menyebutkan kerjasama terkait pelayanan jasa perbankan dengan Bank Riau Kepri dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam melakukan transaksi non tunai.

Baca juga: Pentingnya mindset transformation of sharia bankers bagi eksekutif BRK

"Kami menyampaikan permohonan maaf dari Bapak Bupati yang tidak dapat hadir bersama kita di sini. Semoga dengan kerjasama ini kedepannya, apa yang menjadi tujuan kita bersama dapat terwujud," kata Wan Zuhendra dalam sambutannya.

Turut hadir pada kegiatan ini dari Bank Riau Kepri Pemimpin Divisi Dana dan Jasa , Helwin Yunus, Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan Bank Riau Kepri Wahyudi Gustiawan, Pimpinan Bank Riau Kepri Cabang Tanjung Pinang Wan Abdurrahman, Pemimpin Bank Riau Kepri Capem Tarempa Idham Khalid, Pinbag Corporate Governencer and Priority Banking, T. Rahman Putrayuda dan Pinbag Investor Relation, Burhan.

Sementara dari Pemkab Kepulauan Anambas terlihat hadir Sekda Kepulauan Anambas Sahtiar, Kepala Inspektur Saidina dan Perwakilan dari BKD, Bahtiar.