PPKM Pekanbaru diperpanjang hingga 9 Agustus

id Ppkm diperpanjang,Ppkm pekanbaru

PPKM Pekanbaru diperpanjang hingga 9 Agustus

Salah warga di vaksin pada kegiatan serbuan vaksin II yang digelar di RSAU dr Sukiman Lanud Roesmen Nurjadin Pekanbaru. (ANTARA/Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau sesuai Instruksi Presiden telah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Pekanbaru, dan PPKM Level 3 di 11 kabupaten/kota se-Riau hingga 9 Agustus mendatang.

"Kita akan segera tindaklanjuti Instruksi Presiden dan Instruksi Mendagri itu dengan Instruksi Gubernur guna memperpanjang PPKM Level 4," kata Gubernur Riau Syamsuar di Pekanbaru, Selasa.

Dikatakan Syamsuar, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 28 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 COVID-19 di Wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Kemudian Inmendagri Nomor 29 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, Level 2 dan Level 1 serta mengoptimalkan posko penanganan COVId-19 di tingkat desa dan kelurahan. Inmendagri tersebut menindaklanjuti arahan Presiden yang memperpanjang PPKM hingga 9 Agustus 2021.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, wilayah tersebut memang masih membutuhkan perpanjangan PPKM Level 4 mengingat kasus konfirmasi COVID-19 masih tinggi, selain warga masyarakat masih banyak yang abai pada protokol kesehatan.

"Sudah diperpanjang dan pelaksanaan PPKM Level 4 di Pekanbaru akan lebih ketat, diharapkan dalam pelaksanaannya di lapangan betul-betul diikuti oleh masyarakat. Jika perlu bagi masyarakat yang masuk dalam non esensial melaksanakan tugas 100 persen kegiatan tidak di kantor, dan yang esensial 50 persen dari kapasitas," katanya.

Hal ini perlu karena saat ini kasus terkonfirmasi positif di Riau masih tinggi. Walaupun terjadi penurunan hari ini sebanyak 1.077 kasus. Namun untuk angka kematian akibat Covid-19 mengalami peningkatan hingga mencapai 51 pasien COVID-19 meninggal dunia.

"Sampel yang masuk berkurang, kasus positif juga turun. Nah kalau terus dilakukan pengetatan di lapangan angka kasus positif mudah-mudahan berkurang. Tetap dilakukan pemeriksaan protokol kesehatan terhadap masyarakat di lapangan, terutama lokasi-lokasi yang selalu ramai dikunjungi masyarakat selama PPKM level 4 di Pekanbaru. Selalu memakai masker jika berada di luar," kata Mimi.

Mimi juga meminta masyarakat kalau tidak terpaksa jangan keluar rumah, itupun harus dengan disiplin pada Prokes 5 M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencegah mobilitas interaksi.

"Ingat sayangi diri anda dan keluarga serta bangsa kita," katanya.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Riau hari Senin (2/8/2021), ada penambahan 1.077 kasus terkonfirmasi COVID-19, total 99.380 kasus. Untuk pasien yang sembuh mengalami peningkatan bertambah 988 pasien yang sembuh, total 82.984 orang sembuh.

Namun untuk pasien yang sembuh mencapai 51 orang meninggal akibat COVID-19. Dan penambahan pasien meninggal ini mencatatkan rekor terbaru pasien yang meninggal, total 2.677 pasien meninggal.