Camat Mandau minta warga patuhi prokes saat shalat Id

id pemkab bengkalis,bengkalis, salat id

Camat Mandau minta warga patuhi prokes saat shalat Id

Camat Mandau Riki Rihardi. (ANTARA/dok

Bengkalis (ANTARA) - Pemerintah Kecamatan Mandau mengimbau pengurus masjid dan mushola yang melaksanakan shalat Idul Fitri atau Ied 1442 H untuk mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19 secara ketat.

Selain itu Pemerintah Kecamatan beserta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Mandau akan mengawasi pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Demikian hasil rapat koordinasi Pemerintah Kecamatan bersama Forkopimcam Mandau, sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Bupati Bengkalis tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Semepena Hari Raya Idul Fitri 2021 di saat pandemi COVID-19 yang dipimpim langsung Camat Mandau Riki Rihardi, Selasa (11/5).

"Bagi daerah berstatus zona merah/orange, maka penyelenggaraan salat Id agar dilakukan di rumah masing-masiing, sedangkan untuk wilayah berstatus zona hijau dan kuning boleh melaksanakan salat Id tetapi harus di masjid/musholla dan tidak boleh di lapangan," ujar Riki.

Larangan pelaksanaan salat di lapangan karena alasan dikhawatirkan akan memicu perkumpulan dan kerumunan jamaah dengan jumlah banyak, sehingga berisiko menularkan COVID-19.

Riki Rihardi juga meminta pengurus masjid dan musala untuk membuat surat pernyataan bersama tentang pertanggungjawaban dalam melaksanakan salat Id. Langkah ini penting, untuk membangun komitmen bersama untuk mematuhi aturan dari pemerintah

Diungkapkan Riki Rihardi, sebagai Surat Edaran Bupati, saat pelaksanaan shalat Idul Fitri, jumlah jamaah yang hadir tidak boleh melebihi 50 persen dari kapasitas tempat agar memungkinkan untuk menjaga jarak antar shaf dan antar jamaah.

Kemudian panitia dianjurkan menggunakan alat pengecek suhu dalam rangka memastikan kondisi sehat jemaah yang hadir. Bagi para lansia (lanjut usia) atau orang dalam kondisi kurang sehat, baru sembuh dari sakit atau dari perjalanan, disarankan tidak menghadiri salat Idul Fitri di masjid dan lapangan.

Setelah pelaksanaan salat Idul Fitri, jamaah kembali ke rumah dengan tertib dan menghindari berjabat tangan dengan bersentuhan secara fisik.

“Kami berharap masyarakat dapat melaksanakan surat edaran bupati terkait panduan penyelenggaraan Hari Raya Idul Fitri dan melindungi masyarakat dari penyebaran COVID-19,” ungkap mantan Kabag Umum Setda Bengkalis ini.

Baca juga: Bupati Inhil izinkan salat Id di masjid dan lapangan

Baca juga: Pemda Meranti izinkan sholat Idul Fitri di halaman kantor bupati