Aparat kawal ibadah Jumat Agung di gereja Pekanbaru

id jumat agung,paskah,gereja pekanbaru,berita riau antara,berita riau terbaru

Aparat kawal ibadah Jumat Agung di gereja Pekanbaru

Aparat kawal gereja saat ibadah Jumat Agung perayaan Paskah di Kota Pekanbaru, Jumat (2/4/2021).(ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Ibadah Jumat Agung pada perayaan Hari Wafatnya Isa Almasih, Jumat, pascateror bom Makasar, masih berlangsung dengan aman dan kondusif di gereja-gereja di KotaPekanbaru.

Tampak sejumlah aparat pengamanan gabungan yang terdiri dari Kepolisian, TNI, Satpol -PP berjaga-jaga di sekitar gereja. Seperti di HKBP Sukajadi, Jalan KH Ahmad Dahlan, Pekanbaru, Riau.

Puluhan personil ini tampak ada yang memakai rompi anti peluru, ada juga yang berpakaian dinas biasa, Provos, Satpol-PP hingga berpakaian preman di sebar pada lingkungan gereja.

Pengawalan dilakukan saat pintu masuk hingga keluar pada setiap sesi ibadah sepanjang hari Jumat, yang berlangsung enam kali.

Para jemaat juga tampak tidak merasa kaget, bahkan dengan tertib mengikuti aturan proses masuknya hingga parkirnya kendaraan saat hendak ibadah.

"Trimakasih kepada aparat yang sudah memberikan pengawalan, sehingga menciptakan rasa aman kami saat ibadah," kata Parulian (30) di Pekanbaru, Jumat.

Katanya pengamanan ini tidak mempengaruhi kondisi ibadah dan tidak mengurangi hikmahnya peringatan Wafat Isa Almasih.

Sementara itu sebelumnya diberitakan Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya, Senin (29/3/2021) pascabom bunuh diri di Makassar pada Minggu (29/3/2021), mengatakan akan memperketat penjagaan di tempat ibadah yang ada di Kota Pekanbaru.

"Setiap kegiatan ibadah di Pekanbaru, kita akan lebih rutin untuk melakukan pengamanan. Personil yang kita arahkan yaitu personil Polresta Pekanbaru dan Polsek jajaran," katanya.

Kata Nandang, Korps Bhayangkara akan lebih rutin untuk meningkatkan patroli di beberapa tempat ibadah Kota Pekanbaru pasca bom bunuh diri di Gereja Makassar, agar masyarakat merasa aman saat beribadah.

"Pengamanan ketat di tempat ibadah Kota Pekanbaru ini terlebih dahulu setelah berkordinasi dengan pihak gereja untuk pelaksanaan rencana pengamanan nya," pungkasnya.

Baca juga: Polri tingkatkan kesiapsiagaan di seluruh wilayah jelang Paskah

Baca juga: Vaksin untuk semua orang Inggris yang di atas usia 40 sebelum Paskah

Baca juga: Pemimpin Sri Lanka kritik penyelidikan parlemen atas kasus bom Minggu Paskah