Tujuh orang petugas TPS pilpres Niger tewas kena ranjau

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, pilpres, ranjau

Tujuh orang petugas TPS pilpres Niger tewas kena ranjau

ILUSTRASI-Ranjau darat. (en.wikipedia.org/Istimewa)

Niamey (ANTARA) - Tujuh petugas tempat pemungutan suara (TPS) pemilihan presiden Niger tewas, Minggu (21/2), ketika kendaraan mereka menggilas sebuah ranjau darat, kata seorang pejabat setempat.

Tragedi tersebut membuat kelabu hari pemungutan suara, yang digelar untuk mewujudkan transisi kekuasaan secara demokratis yang pertama di negara itu.

Baca juga: Indonesia bersama masyarakat internasional berkomitmen berantas Ranjau Darat Anti Personel

Negara Afrika Barat itu secara berkala mengalami serangan dari para penganut garis keras keagamaan dan telah meningkatkan keamanan untuk melindungi proses pemungutan suara.

Dalam pilpres, kandidat partai yang berkuasa Mohamed Bazoum menghadapi mantan presiden Mahamane Ousmane.

Sebuah kendaraan milik komisi pemilihan (CENI) yang membawa petugas pemilihan ke TPS tempat mereka bertugas terkena ranjau di daerah perdesaan Dargol di barat daya, kata Harouna Mounkaila, wakil ketua CENI cabang daerah.

"Mereka berangkat untuk mengantarkan kotak-kotak suara dan para anggota TPS," kata Moukaila kepada Reuters. Ia menambahkan bahwa tiga petugas lainnya luka parah.

Dargol berada sekitar 80 kilometer dari perbatasan dengan Mali, negara yang telah menjadi sarang aktivitas gerakan garis keras.

Pada Januari, sedikitnya 100 warga sipil tewas dalam serangan terburuk di dua desa dekat perbatasan itu.

Niger menghadapi krisis ganda keamanan, yang menjadi isu dominan selama kampanye pilpres.

Salah satu krisis adalah situasi dekat perbatasan antara Mali dan Burkina Faso. Di perbatasan wilayah barat itu, banyak milisi jaringan Al Qaida dan ISIS beroperasi.

Satu lainnya melanda di wilayah bagian selatan di perbatasan dengan Nigeria, negara tempat kelompok militan Boko Haram melancarkan pergerakannya.

Baca juga: Polisi: Terduga teroris Sibolga tanam empat ranjau di luar rumah

Baca juga: Tiga Pengungsi Rohingya Tewas Akibat Ranjau Darat Di Perbatasan Bangladesh


Sumber: Reuters

Pewarta : Tia Mutiasari