Pekerjaan jalan di Desa Kuala Keritang mulai dilaksanakan

id Dani M Nursalam,Dprd riau,inhil,tembilahan,Jalan inhil

Pekerjaan jalan di Desa Kuala Keritang mulai dilaksanakan

Pembangunan ruas jalan Selensen - Kota Baru - Bagan Jaya di Desa Kuala Keritang. (ANTARA/Adriah)

Tembilahan (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi IV (Empat) DPRD Provinsi Riau, Dani M Nursalam mengatakan pekerjaan pemeliharaan ruas jalan Selensen - Kota Baru - Bagan Jaya di Desa Kuala Keritang, Kabupaten IndragiriHilir (Inhil) telah dimulai pada Jumat (29/1).

Menurut Dani, pembangunan pemeliharaan ruas jalan yang berlokasi di DesaKuala Keritang tersebut bertujuan fungsional, dan diperuntukkan bagi jalan-jalan yang mengalami kerusakan sehingga dapat berfungsi maksimal dalam menunjang mobilitas warga.

"Kondisi jalan di lokasi pembangunan jalan ini memprihatinkan. Apalagi dengan curah hujan yang tinggi. Kondisi tersebut sangat mengganggu mobilitas warga. Maka itu, dilaksanakanlah pemeliharaan agar jalan tersebut berfungsi sebagaimana mestinya," tutur Dani.

Pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan ruas jalan yang menjadi tugas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wilayah IV (Empat) Dinas PUPR - PKPP Provinsi Riau itu, sebelumnya dijadwalkan pada Selasa lalu. Namun, dikarenakan adanya kendala cuaca, pelaksanaannya sempat tertunda.

Dani mengungkapkan, pembangunan jalan di lokasi Desa Kuala Keritang bukan merupakan pekerjaan peningkatan jalan atau rekonstruksi dengan pekerjaan berbentuk rigid, hot mix ataupun penimbunan.

"Kalau peningkatan jalan itu kewenangannya di bidang Bina Marga Dinas PU Riau. Kalau pemeliharaan, seperti yang di Desa Kuala Keritang ini ditangani oleh UPT Wilayah IV (empat) Dinas PUPR Riau dengan ruang lingkup Kabupaten Inhil dan Inhu," jelasnya.

Dia berharap, agar pekerjaan pemeliharaan ruas jalan Selensen - Kota Baru - Bagan Jaya di Desa Kuala Keritang dilaksanakan sebaik mungkin sehingga hasilnya maksimal.

"Kasihan masyarakat. Tidak mudah bagi kita untuk mendapatkan pembangunan ini. Kalau hasilnya maksimal, masyarakat akan terbantu dan dapat merasakan manfaatnya," tambah Dani.

Kepala UPT Wilayah IV (Empat) Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau, Sanusi membenarkan bahwa pekerjaan pemeliharaan jalan pada ruas Jalan Selensen - Kota Baru - Bagan Jaya itu telah mulai dilaksanakan.

"Tujuannya fungsional. Ada yang rusak kita perbaiki, yang berlubang kita tambal. Kan fungsional. Jadi, tidak peningkatan," kata Sanusi.

Sanusi menyebutkan, pekerjaan pemeliharaan jalan provinsi Riau di Kabupaten Inhil diperkirakan sepanjang 10 kilometer yang terbagi di beberapa lokasi.

"Itu untuk fungsional saja. Namun, tidak semuanya bisa dipegang karena kondisi. Pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan itu bergantung pada hasil observasi dan situasional," tutur Sanusi.

Baca juga: Kondisi jalan menuju Desa Sungai Intan memprihatinkan

Baca juga: Pengerjaan pemeliharaan ruas jalan Kuala Keritang segera dikerjakan