Plh Walikota Dumai Penerima Pertama Vaksin COVID-19

id Vaksin COVID-19 Dumai, Walikota Dumai,berita riau antara,berita riau terbaru

Plh Walikota Dumai Penerima Pertama Vaksin COVID-19

Deretan kardus berisi vaksin COVID-19 jenis Sinovac produksi PT Biofarma dalam proses pendistribusian di Kota Pekanbaru, Selasa (12/1/2021). Pemerintah Provinsi Riau mulai mendistribusikan vaksin COVID-19 daerah-daerah kabupaten dan kota sebagai persiapan vaksinasi perdana yang akan berlangsung pada tanggal 14 Januari 2021. ANTARA FOTO/FB Anggoro/21. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Dumai (ANTARA) - Pelaksanaan vaksinasi Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 di Kota Dumai sudah ditetapkan 10 orang penerima pertama, dengan diawali Pelaksana harian Walikota Dumai Herdi Salioso.

Penetapan 10 penerima pertama vaksin anti COVID-19 ini dilakukan dalam kegiatan pembentukan kelompok kerja persiapan dan penyelenggaraan vaksinasi COVID-19 Kota Dumai, Selasa.

"Vaksinasi merupakan sebuah solusi dan langkah antisipasi agar kita bisa memutus rantai penyebaran COVID-19 ini," kata Plh Walikota Dumai Herdi Salioso.

Dijelaskan, Satgas COVID-19 Dumai terus mengingatkan masyarakat agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, karena "Karena kasus positif semakin berkembang dan meningkat.

Selain dirinya, 9 penerima pertama vaksinasi COVID-19 ini yaitu, Ketua DPRD Agus Purwanto, Dandim 0320 Letkol Irdhan, Kapolres AKBP Andri Ananta, Kepala Kejaksaan Negeri Khairul Anwar, Komandan Datasemen Rudal, Kepala Dinas Kesehatan Syahrinaldi, Ketua Ikatan Dokter Indonesia, Kepala Balai POM dan Kemenag atau MUI Dumai.

Sebelumnya, Plh Walikota Dumai Herdi Salioso juga menghadiri rapat koordinasi bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Riau dan bupati walikota Provinsi Riau di The Zuri Hotel. Senin (11/01/2021).

Rakor dipimpin Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dilaksanakan secara virtual ini membahas penyampaian informasi dan arahan Presiden Joko Widodo berkenaan rencana vaksinasi COVID-19 dan pengetahuan protokol kesehatan.

Wagub Riau Edi Natar menyampaikan bahwa Tanggal 13 Januari 2021 proses vaksinasi akan dimulai, tentunya setelah keluar izin dari BPOM RI terkait persetujuan izin penggunaan darurat/emergency use authorization (EUA), dan vaksin ini wajib sesuai dengan undang undang tentang wabah Nomor 4 Tahun 1984.

Lima instruksi Presiden Jokowi untuk menyukseskan program vaksinasi COVID-19 secara nasional, yaitu, vaksin diberikan secara gratis, seluruh jajaran kabinet, kementrian, lembaga, dan pemerintah daerah agar memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Kemudian, Menteri Keuangan RI agar prioritaskan dan merelokasi anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis. Presiden Jokowi menjadi yang pertama divaksin COVID-19 untuk meyakinkan dan kepercayaan masyarakat bahwa vaksin aman.

Terakhir, meminta masyarakat untuk terus menjalankan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Pemerintah daerah di Provinsi Riau agar meningkatkan, mempertegas, dan tetap melaksanakan protokol kesehatan selama proses vaksinasi berlangsung.

Data COVID-19 Dumai, pada Senin (13/1), terdapat penambahan 3 kasus positif dengan 2 menjalani isolasi di RS dan 1 isolasi mandiri, pasien dinyatakan sembuh 28 orang.

Sehingga total tercatat 2.451 kasus positif, terdiri 2.247 sembuh, 164 dalam perawatan (136 isolasi mandiri, 28 dirawat di RS) dan 40 meninggal dunia.

Baca juga: Gubernur dan Wagub Riau tidak bisa ikut vaksin COVID-19, begini penjelasannya

Baca juga: Menteri Agama Yaqut Cholil ajak umat jangan ragu divaksin Sinovac

Baca juga: Sinovac kirim 15 juta dosis vaksin COVID-19 ke Indonesia bentuk curah