Jelang perayaan Nataru, Dishub tingkatkan pengamananan di sejumlah Pelabuhan

id Pemkab Bengkalis,Covid bengkalis, bengkalis, berita bengkalis

Jelang perayaan Nataru, Dishub tingkatkan pengamananan di sejumlah Pelabuhan

Sekretaris Dishub Bengkalis Zul Asri. (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis meningkatkan pengamanan di sejumlah pintu masuk pelabuhan guna mencegah penyebaran COVID-19 menjelang perayaan Natal dan Tahun Batu (Nataru).

"Setidaknya ada delapan posko yang disiapkan dalam antisipasi keamanan dan pencegahan COVID-19 di Bengkalis," ujar Sekretaris Dishub Bengkalis Zul Asri, Kamis (24/12).

Menurut dia, delapan titik posko dibangun, di antaranya Pelabuhan Roro Sungai Selari, Pelabuhan RoRo Air Putih, Pelabuhan BSL. Selanjutnya posko Simpang Bangko, Balai Raja, Simpang Pokok Jengkol dan di pelabuhan lokal Rupat dan Rupat Utara.

Semua posko ini sudah mulai bekerja terhitung hari ini, karena berdasarkan jadwal pelaksanaan posko pengamanan natal dan tahun baru selama 17 hari.

"Terhitung 18 Desember 2020 sudah aktif, namun optimal posko pengamanan ini akan berjalan mulai tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 mendatang," tegasnya.

Meskipun membuka posko pengamanan, pihaknya tidak melakukan pemeriksaan secara ketat bagi pemudik atau mengguna jalan lintas maupun pelabuhan. Posko yang ada hanya menegur bagi pengemudi yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Kita tidak bisa melarang masyarakat untuk tidak mudik, hanya saja mereka harus mematuhi protokol kesehatan, pemeriksaan dan peneguran kita lakukan kepada mereka yang tidak mematuhi protokol kesehatan," jelas Zul Asri.

Untuk keamanan saat mudik pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan. Dengan masih di pandemiCOVID-19 ini pola hidup baru yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak sangat ditekankan kepada masyarakat, hanya dengan cara 3M bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19.