Disesuaikan dengan kondisi COVID-19, Bupati tandatangani NPHD Pilkada Siak Rp26,4 miliar

id Pilkada siak, nphd siak, pilkada siak 2020, pilkada 2020

Disesuaikan dengan kondisi COVID-19, Bupati tandatangani NPHD Pilkada Siak Rp26,4 miliar

Bupati Siak, Alfedri bersama Kapolres dan penyelenggara Pilkada KPU dan Bawaslu usai penandatanganan NPHD Pilkada.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak resmi menandatangani adendum Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Dana Pemilihan Kepala Daerah 2020 sebesar Rp26,4 miliar dengan penyesuaian pelaksana sesuai dengan Protokol COVID-19.

"Perubahan ini ada jumlah Tempat Pemungutan Suara bertambah, tentu diperlukan penyesuaian-penyesuaian dari sisi anggarannya, begitu juga pola kampaye terjadi perubahan dengan memperhatikan protokol kesehatan," kata Bupati Siak, Alfedri, Kamis.

Jumlah orang per TPS dulu 800 sekarang menjadi 500 dengan pemilih dan petugas memakai APD lengkap. Hal itu dikatakannya usai penandatanganan adendum Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kepolisian Resor Siak. Kemudian dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

"Hari ini kita melakukan penandatangan NPHD dalam rangka menyesuaikan arahan dari pemerintah pusat. Bagaimana Pilkada dalam suasana COVID-19 dapat dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan," ujar Alfedri.

Sementara itu Ketua KPUD Siak Ahmad Rizal menyampaikan, Adendum NPHD dilakukan tanpa penambahan anggaran namun yang direvisi hanya teknis pencairan. Dari semula tiga tahap menjadi dua tahap sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri no 41 tahun 2020.

Dijelaskannya, selaku pihak penyelenggara dirinya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Siak yang selalu siap memberikan dukungan untuk menyukseskan Pilkada kabupaten Siak. Itu semua sudah sesuai aturan dan perundang-undangan berlaku.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Siak yang selalu siap memberikan dukungan demi menyuskseskan Pilkada yang akan di gelar secara serentak pada 9 Desember 2020 mendatang," ucapnya.

Dengan di tandatangani adendum naskah NPHD, hari ini 100 persen anggaran Pilkada sudah masuk ke rekening KPU Siak. Sesuai tahapan Pilkada Siak, KPU Daerah Siak saat ini sedang berlangsung pemutakhiran data pemilih.

"Yang akan dilakukan pencocokan data pemilih dari rumah ke rumah, yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih," tambah Rizal.

Baca juga: Pilkada Siak, PPP dukung Alfredri-Husni

Baca juga: PKS siapkan kader lawan petahana di Pilkada Siak