Bupati hadiri panen bawang merah petani

id bawang merah, kuansing, bupati kuansing

Bupati hadiri panen bawang merah petani

Bupati Kuansing saat hadiri panen bawang merah petani.

Kuantan Singingi (ANTARA) - Bupati Kuantan SingingiMursini menghadiri acara panen bawang merah petani di Desa Kompe Barangin, Kecamatan Cerenti. Bawang merah merupakan salah satu tanaman unggulan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Saya bangga melihat hasil pertanian masyarakat, ini perlu terus dikembangkan," kata Bupati Kuantan Singingi Mursini di Teluk Kuantan, Selasa.

Bupati Mursini mengaku sangat yakin jika tanaman bawang merah daerahnya akan lebih unggul dan produksinya semakin meningkat jika pengelolaannya lebih optimal, serta mendapat binaan dari instansi pemerintah secara berkelanjutan.

Baznas Kuansing yang telah berperan aktif membantu masyarakat petani juga sangat diapresiasi tinggi. Bawang merah merupakan kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa hilang sehingga hasil pertanian petani sangat membantu kesejahteraan.

"Ekonomi produktif harus dikembangkan, potensi lahan untuk beragam tanaman musiman sangat luas," sebut Bupati.

Mursini menyebutkan, tidak saja buah - buahan saja, sayuran ternyata sangat cocok untuk dikembangkan di sejumlah wilayah Kuansing, seperti bawang merah. Hasil panennya tinggi, terlihat tanahnya sangat subur. "Artinya cukup berpotensi untuk membantu ekonomi masyarakat, untuk itu mari semua pihak mencintai dan berperan aktif mendukung pertanian petani.

Petani lokal harus dioptimalkan, lahan yang tersedia bisa dimanfaatkan dan instansi terkait harus membantu dan memberikan berbagai bimbingan agar bukan saja bawang merah di Cerenti tetapi kecamatan lainnya memanfaatkan hal serupa.

Bupati menyarankan agar masyarakat lainnya juga dapat memanfaatkan lahan kosong untuk di garap menjadi lahan pertanian, baik itu jenis tanaman sayur - mayur maupun tanaman palawija, setidaknya dapat memenuhi kebutuhan lokal.

Yuhelmi, salah satu petani bawang merah harus menjadi contoh, dalam membudidayakan palawija hendaknya diikuti warga lain , dengan pembinaan dari Baznas maupun instansi pemerintah.

Baca juga: Bupati letakkan batu pertama pembanguan Pondok Tahfidz Baznas

Baca juga: Kuansing benahi tata kelola perpustakaan