Kuansing benahi tata kelola perpustakaan

id Kuansing benahi tata kelola perpustakaan,Perpustakaan kuansing

Kuansing benahi tata kelola perpustakaan

Perpustakaan di Kuansing.

Kuantan Singingi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingiterus membenahi sistem, manajemen dan tata kelola arsip perpustakaan agar lebih baik, setakat ini telah disiapkan delapan tenaga profesional handal untuk melayani masyarakat sesuai dengan bidang ilmunya masing - masing.

"Tenaga kerja itu bakal dimagangkan beberapa bulan di Pemprov Riau agar siap bekerja lebih baik dan profesional," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsifan Kuantan Singingi Marwan di Teluk Kuantan, Sabtu.

Kepala Dinas optimistis menjelang difungsikannya gedung perpustakaan megah berlantai empat dan bertaraf nasional itu, semua fasiitas yang dibutuhkan dan Sumber Daya Manusia (SDM) sudah siap.

Ia mengatakan, untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat ke depannya, tentu sangat diharapkan bantuan pihak semua pihak, terutama dari Pemprov baik berupa bimbingan maupun sarana prasarana yang pelengkap.

Pemerintah Kabupaten telah melakukan berbagai terobosan baru untuk memenuhi standar nasional pelayanan perpustakaan, semua ke depan akan berbasis IT, sesuai dengan tuntutan era modern dan globalisasi.

"SDM yang handal menjadi prioritas utama, kami" ujarnya.

Menurut Marwan, permohonan sudah disampaikan ke pihak Provinsi Riau terutama Dinas Perpustakaan. Alhamdulilah mendapat respon positif dan bahkan siap membantu walaupun secara bertahap.

Kepala Dinas Perpustakaan Riau Rahimah mengatakan, pihaknya telah melakukan monitoring melalui vidio konferens pada Jumat 15 Mei 2020, sejumlah permohonan dari Kabupaten Kuantan Singingi akan dipertimbangkan dan dibantu.

"Kami sudah memahami dan mencatat kebutuhan daerah, secara bertahap di realisasikan," ujarnya.

Namun demikian, Kuansing diharapkan mampu mengoptimalkan perpustakaan desa, kecamatan, agar proses pembelajaran, minat baca masyarakat lebih tinggi dan optimal, sebagaimana disebutkan telah memiliki tujuh perpustakaan kecamatan.

Berkaitan dengan proses magang tenaga kerja (SDM) dari Kuansing, akan diprioritaskan, karena ini untuk meningkatkan kinerja melayani masyarakat nantinya.

Baca juga: Sebanyak 35.621 KK di Kuansing butuh bantuan

Baca juga: Sopir kecewa jalan lintas Kuansing - Inhu rusak berat

Baca juga: Masyarakat sambut baik bantuan benih ikan