Perpustakaan Ma'rifat Mardjani MAN I Kuansing juara nasional 2023

id Kuantan Singingi,Teluk Kuantan

Perpustakaan Ma'rifat Mardjani MAN I Kuansing juara nasional 2023

MAN I Kuansing Terima Penghargaan Nasional (ANTARA/dok)

Kuantan Singingi (ANTARA) - Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Kuantan Singingi (Kuansing)Suhelmon mengatakan perpustakaan "Buya Ma'rifat Mardjani" milik sekolahnya berhasil meraih juara pertama tingkat nasional 2023.

"Alhamdulillah, kesuksesan itu tidak terlepas dari kerja optimal tim. Saya berterima kasih dan apresiasi tinggi," katanya di Teluk Kuantan, Sabtu.

Prestasi itu mengharumkan nama sekolah dan Kabupaten Kuansingdan Provinsi Riau di tingkat nasional.

Pada lomba perpustakaan antar sekolah lanjutan atas yakni (Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliah (MA) se-Indonesia.

Hasilnya, tim seleksi dan penilaian menobatkan perpustakaan "Buya Ma’rifat Mardjani" sebagai Perpustakaan Rujukan Nasional (PRN) 2023. Perolehan prestasi itu akan memotivasi pengelola dan MAN I Kuansing untuk melayani para minat baca lebih optimal.

"Terima kasih kepada semua pihak. Setelah ini tentu pengelolaan perpustakaan sekolah akan lebih optimal lagi," janjinya.

Pada kesempatan lain, salah satu warga Kuansing, Suhendi (57) menyebutkan, karena perpustakaan Buya Ma'rifat Mardjani menjadi juara nasional dalam perlombaan, tentu telah mengharumkan nama Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau.

"Saatnya pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kuansing juga memberikan penghargaan" ujarnya.

Nama perpustakaan itu, adalah nama Tokoh Pendiri Riau 1957 yang menjadi pahlawan Riau dan Kuansing, jasanya sangat besar untuk daerah.

Sedangkan, berkaitan dengan suksesnya perpustakaan asal Kuansing sebagai juara nasional, keluarga besar Buya Ma'rifat Mardjani merespon positip dan sangat bangga.

"Mewakili keluarga besar Buya Ma'rifat Mardjani, kami apresiasi tinggi, terima kasih kepada semua pihak," kata Nariman Hadi dan Hafni di Teluk Kuantan, Sabtu pagi.

Sebagaimana diketahui, lomba perpustakaan SMA/SMK/ MA Tingkat Nasional dilaksanakan pada 12-15 September 2023 di Jakarta.

Pengumuman pemenang, Jumat (15/9), ada 17 perpustakaan masuk finalis, dari empat klaster dan terpilih lima terbaik pada klaster regional Sumatra.